Tangerang

Camat Mauk Koordinasikan BPD Bentuk Panitia dan Tim Pengawas

Terbit Tanggal 3 April 2021 oleh Media iGlobalNews


TANGERANG, IGLOBANEWS.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 26 Kecamatan dan mengadakan pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) di 5 Kecamatan di tahun 2021.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang H. Dadan Gandana, S.STP. M.Si, ia mengukapkan, Pilkades serentak akan digelar pada bulan Juli 2021 mendatang.

“Tahapan pertama yaitu tahap persiapan yang dimulai dari tanggal 2 sampai 10 April 2021, tahap pencalonan pada tanggal 11 sampai dengan 26 Juni 2021, tahap kampanye pada tanggal 28 sampai 30 Juni 2021, masa tenang pada tanggal 1 sampai 3 Juli 2021, dan tahap pemungutan suara dari tanggal 10 Juni sampai 3 Juli 2021,” ujar H. Dadan Saat di wawancarai beberapa awak media.

Sementara itu, pada Rabu (31/3/2021) sebagaimana diberitakan di salah satu media Online, Camat Mauk menggelar rapat koordinasi dengan BPD-BPD di aula Kecamatan untuk membahas persiapan dan monitoring pembentukan panitia dan tim pengawas, dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes)

“Pembentukan panitia pilkades dan tim pengawas selama 3 hari. Yakni 4 sampai 6 April 2021,” sebut Arif.

BPD membentuk pantia pilkades, kata Arif melalui musyawarah BPD dengan mengikutsertakan pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan desa dan tokoh masyarakat desa yang hasilnya ditetapkan dengan keputusan BPD.

Keanggotaan panitia pilkades terdiri dari 1 orang ketua merangkap anggota, 1 orang sekretaris merangkap anggota, 1 orang bendahara merangkap anggota dan 4 orang anggota.

Sedangkan, pembentukan tim pengawas pilkades atas prakarsa masyarakat yang bersifat independen. Pembentukan tim pengawas pilkades difasilitasi BPD melalui musyawarah. Nantinya, hasil musyawarah itu dituangkan ke dalam berita acara. Kemudian pembentukan tim pengawas pilkades ditetapkan dengan keputusan kepala desa.

“Tim pengawas pilkades berjumlah 5 orang yang keanggotaanya terdiri dari 1 orang unsur perangkat desa, 2 orang unsur lembaga kemasyarakatan desa dan 2 orang tokoh masyarakat,” dijelaskan Arif.

Ia juga menambahkan, susunan keanggotaan tim pengawas pilkades meliputi, 1 orang ketua merangkap anggota, 1 orang sekretaris merangkap anggota dan 3 orang anggota.

Adapun jumlah bakal calon kepala desa di 6 desa yang melaksanakan pilkades serentak 2021 meliputi, 11 orang di Desa Mauk Barat, 3 orang di Desa Ketapang, 4 orang di Desa Marga Mulya, 4 orang di Desa Tanjung Anom, 5 orang di Desa Kedung Dalem dan 4 orang di Desa Jatiwaringin.

* Baca juga : 70 Balon Kades di 3 Kecamatan Ikuti MCU di RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang.

Penulis : A Jueni.

print

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top