Sumatera Selatan

Di Masa Pandemi, Sosok Ibu Diperlukan Mendongkrak Ekonomi Keluarga dan Menciptakan Lingkungan Sehat

Terbit Tanggal 7 Maret 2021 oleh Media iGlobalNews


LAMSEL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Peduli lingkungan sangat perlu dibudayakan, karena lingkungan bersih diharapkan menciptakan manusia sehat.

Minyak goreng bekas yang sudah berulangkali digunakan untuk menggoreng disebut minyak Jelantah. Dan banyak masyarakat dalam hal ini para ibu rumahtangga, setelah minyak goreng bekas (minyak jelantah,red) tidak digunakan lagi, pasti dibuang ketempat sembarang.

Hal tersebut bisa merusak lingkungan dan mengganggu kesehatan masyarakat. Maka perlu cara untuk menjaga lingkungan menjadi bersih dan sehat.

Sosialisasi hidup sehat dan bersih kembali digelontorkan Forum Konco Jati Agung ,bersama beberapa perwakilan masyarakat Kecamatan Jati Agung Kebupaten Lampung Selatan (Lamsel), yang bertempat didusun 2C, Desa Jatimulyo.

Penyampaian tentang menjaga lingkungan bersih dan sehat serta manfaat minyak jelantah untuk pertumbuhan ekonomi disampaikan oleh Ketua Forum Konco Jati Agung, Abadi Sholikhin.

“Untuk menjaga lingkungan sehat dan bersih perlu komintmen kebersamaan,dan bersama mensosialisasikan keseluruh lapisan masyarakat Jati Agung,” ujar Abadi, sabtu (6/3/2021).

Abadi juga mengatakan bahwa minyak jelantah juga bisa menjadi bahan baku bio diesel, jadi para ibu rumah tangga dan rumah makan, tidak perlu lagi membuang kesembarang tempat tapi minyak bekas tersebut dikumpul lalu dijual.

“Kan bisa jadi masukan tambahan bagi ibu rumah tangga, lingkungan pun jadi sehat dan bersih,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kemiati yang juga sebagai tuan rumah, menyampaikan bahwa pertemuan ini diharapkan bisa mendorong masyarakat Jati Agung, khususnya para ibu rumahtangga agar bisa mencintai lingkungan dan memanfaat tambahan penghasilan.

‘Dengan memanfaatkan limbah minyak jelantah,warga cukupmengumpulkan limbah tersebut lalu dijual, yang nantinya akan dijadikan bahan baku bio diesel,” ungkapnya.

Kemiati juga mengajak warga,khususnya para ibu untuk menciptakan usaha rumahan, seperti membuat kerupuk, niget, dan lainnya. Karena disaat pandemi ini perlu juga peran para ibu untuk menambah penghasilan untuk keluarga.

Baca Juga  Kodim 0421/Lamsel Melakukan Vaksinasi Kepada 200 Anggota Babinsa

‘Dengan kreatifitas ini, diharapkan semua desa yang ada dikecamatan Jati Agung bisa mengikuti program UMKM, dan kedepannya diharapkan akan ada pelatihan kerajinan, tapi kegiatan tersebut sangat diperlukan dukungan dari Pemerintah.

* Baca juga : Forum Masyarakat Jati Agung Ajak warga untuk Cinta Lingkungan dan Berbagi Berkah.

Penulis : Rudolf.

print

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top