Jakarta

Undip Kukuhkan Dr H M Syarifuddin SH MH Sebagai Guru Besar Hukum Pidana

Terbit Tanggal 11 Februari 2021 oleh Media iGlobalNews

 H M Syarifuddin SH MH bidang Hukum

Photo H M Syarifuddin SH MH guru besar bidang Hukum.

JAKARTA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengukuhkan Dr. H.M. Syarifuddin SH,MH sebagai Guru Besar tidak tetap dalam bidang Hukum pidana pada fakultas hukum pidana Undip, Kamis (11/2/2021).

Dalam sambutan pengukuhannya Syarifuddin menyampaikan puji dan syukurnya kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha Esa atas pengukuhan dirinya sebagai guru Besar tidak tetap dalam bidang hukum Pidana pada fakultas hukum Pidana di Undip.

Lebih lanjut Syarifuddin memaparkan, eksistensi hakim dalam penegakan hukum, dipengaruhi oleh pengalaman-dalam mengadili perkara yang membentuk karakter, wawasan dan kepekaan dalam menegakkan hukum dan keadilan pada setiap perkara yang diadili.

“Penegakan hukum sejatinya adalah seni yang memerlukan perlakuan khusus dari aktor pelaksananya yaitu, hakim. Kreasi dalam penegakan hukum menuntut padupadan yang selaras dan serasi dalam setiap elemen didalamnya,” papar peraih gelar doktoraldari Universitas Khatolik Parahyangan Bandung ini.

Dijelaskan oleh ketua Mahkamah Agung RI sejak tahun 2020 ini, penegakan hukum harus dapat menarasikan keadilan secara paripurna yang didalamnya tercakup rasionalisasi, kesinambungan kerangka pikir, dan kehendak dalam mewujudkan keadilan substantif.

“Hakim bertanggungjawab kepada Tuhan yang maha Esa dalam menarasikan keadilan tersebut melalui putusannya. Hakim merupakan satu-satunya jabatan yang diberi kewenangan untuk menjalankan sebagian dari kekuasaan Tuhan” tegas Dr. H.M. Syarifuddin SH,MH.

Hadir secara virtual dalam acara pengukuhan Syarifuddin sebagai guru Besar tidak tetap dalam bidang hukum pidana diantaranya para duta besar dan perwakilan Mahkamah Agung negara-negara sahabat.

Penulis : Richard Aritonang.

print

Dirgahayu Kota Tangerang

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top