Serang

Ini Cara Kades Selamatkan Ekonomi Warganya di Era Pandemi Covid – 19

Terbit Tanggal 18 Februari 2021 oleh Media iGlobalNews


SERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Pandemi Covid-19 membuat persoalan ekonomi global maupun nasional semakin komplek, persoalan tersebut antara lain penurunan perekonomian desa akibat kesulitan yang dialami dalam pemasaran.

Namun tidak dengan Masyarakat Desa Tegal Maja Kecamatan Keragilan Kabupaten Serang. Hal Itu tak lepas dari peranan Kepala Desa (Kades) H. Muhammad Iksan lewat BumDes dengan cara membantu memasarkan produk kerajinan di Marketplace atau Sosial media.

Hal tersebut dikatakan Kades H. Muhammad Iksan, ia menyebutkan, beberapa kerajinan yang dihasilkan diantaranya miniatur perahu, keranjang parsel, tempat kunci, tempat baju dan beberapa produk lainya.

” Haraganya pun variatif terjangkau tergantung tingkat kesulitan dari pembuatan. Harga yang kita jual mulai dari harga Rp 15.000 sampai dengan harga Rp100.000,” ungkapnya, Kamis (18/2/2021).

” Saya jual kerajinan warga lewat online hasilnya alhamdulilah, banyak dari luar daerah memesan apalagi pas kemarin tahun baru imlek, cara seperti ini efektif karna warga tetap kerja dirumah, namun tetap ada pemasukan ekonomi,” tambahnya.

Masih kata Iksan, agar produk lebih banyak dikenal Pemerintah Desa juga selalu membawa dan memamerkan kerajinan pada saat acara kegiatan diluar kantor desa, seperti kegiatan Desa yang diadakan di salah satu cottage di kawasan pantai anyer, dan hasilnya pun sangat memuaskan, Sebab tidak hanya pengunjung yang tertarik tapi dari pihak Cottage nya juga memesan untuk dijual di tempat mereka.

” kami bersama BumDes terus berinovasi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tegal Maja meski pada saat pandemi covid -19, dan rencana kedepan akan membuat ternak Lele dengan Menggandeng PT Chargill,” tutupnya.

Penulis : Oki.

print

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top