Jambi

Musrenbang Desa Wilayah ll Kecamatan Mandiangin Bagian Barat Berjalan Lancar

Terbit Tanggal 6 Januari 2021 oleh Media iGlobalNews


SAROLANGUN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa wilayah ll Kecamatan Mandiangin Bagian Barat Kabupaten Sarolangun yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna kawasan terpadu Desa Simpang Kertopati berjalan lancar.

Musrenbang Desa di ikuti dari 11 Desa, Wilayah Mandiangin barat yaitu, Desa Mandiangin, Desa Mandiangin Pasar, Desa Mandiangin Tuo, Desa Kute jaye, Desa Taman Dewa, Desa Talang Serdang, Desa Simpang Kertopati, Desa Kertopati, Desa Muara Ketalo, Desa Bukit Peranginan, dan Desa Sungai Rotan.

Musrenbang Desa dibuka langsung oleh camat Mandiangin Pajardin.

Dalam sambutannya Camat Mandiangin Pajardin mengatakan, saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Kepala Desa (Kades) Simpang Kertopati yang telah menyediakan tempat yang cukup untuk pelaksanaan Musrenbang Desa di Desa Simpang Kertopati.

Camat juga mengucapkan terimakasih kepada kepala Bappeda Kabupaten Sarolangun yang telah mengutuskan Kabid anggaran Bapedda Kabupaten Sarolangun Bahder Johan untuk mengikuti Musrenbang Desa di Kecamatan Mandiangin.

” hari ini adalah hari ke dua kita melaksanakan Musrenbang Desa, mudah mudahan Pak Kades hari ini bisa bicaranya plong, bukan berbicara mengeritik tapi usulan,” sebut Pajardin, Rabu (06/1/2021).

Masih kata Camat, kita semua adalah perpanjangan tangan dari pemerintah Pusat, dari Pemerintah Provinsi (Pemprov), perpanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun.

” Semua kita ini adalah perpanjangan tangan dari pemerintah, kenapa saya katakan demikian karena gaji kita semua di anggarkan dari anggaran Daerah,” ungkapnya.

“Jadi tidak ada alasan saya perangkat mau masuk masuk mau tidak tidak, itu tidak bisa,” tegas Camat.

Selain itu camat juga menekankan agar para kepala Desa mengaktifkan pelayanan di kantor desa.

” Suatu saat nanti saya bersama Kasi akan turun mengecek keaktifan kantor desa,” sebutnya.

Baca Juga  Warga Pulau buayo dan BPD Minta Bupati Sarolangun Gantikan PJ Kadesnya

Mengapa saya katakan demikian Gaji honor kantor Kecamatan itu hanya satu juta gajinya, tapi kerjanya dari pagi hingga sore, sedangkan perangkat Desa gajinya Rp 2,5 juta, dua kali lipat dari pegawai kecamatan. Jadi saya mohon dengan segala hormat kepada Pak Kades tolong di intruksikan kepada para kaur, para perangkatnya untuk bekerja dan berperan aktif, ujarnya.

Ditempat yang sama Kabid anggaran Bapedda Kabupaten Sarolangun Bahder Johan mengungkapkan terimakasih kepada Camat Mandiangin atas kesempatan yang telah di berikan dalam Rangka Musrenbang Desa di wilayah Kecamatan Mandiangin.

” Bahwasanya rangakaian anggaran tahun 2022 sudah dimulai dari Desember kemarin, mungkin banyak kegiatan yang diutamakan, bahwasanaya belum terlambat karena Skejulnya sampai tanggal 15 untuk Musrenbang Desa, di seluruh wilayah kecamatan.

Terkait dengan isu strategis Musrendes untuk tahun 2022 ada tiga isu yang berkembang, terkait dengan terjadinya bencana Covid-19 salah satu bencana nasional dan internasional maka Pemerintah Pusat bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) bahwasanya kami dari Dinas badan pembangunan Daerah memprioritaskan tiga program yaitu :
1. Bidang perekonomian Daerah fokus memperkuat untuk perekonomian daerah dan masyarakat.
2. Instruktur Daerah fokus memperkuat untuk dasar pelayanan masyarakat.
3. Bidang pelayanan publik fokus memperkuat bidang Inspratruktur pelayanan masyarakat, ujarnya.

Masing – masing desa mengusulkan Rencana Pembangunan desa melalui anggaran APBD Kabupaten Sarolangun hampir rata – rata didominasi inspratruktur pengaspalan jalan antar desa, Turap, bronjong dan penimbunan jalan agar tidak terdampak banjir, pembangunan pagar sekolah Dasar, Perumahan guru SD, Peningkatan jalan usaha tani, Pembangunan cetak sawah lengkap dengan irigasi, pengadaan bibit kelapa sawit, Rehab Masjid dan Jembatan Permanen penghubung antar Desa Mandiangin Tuo dan Desa Talang Serdang.

Baca Juga  Sekcam Sarolangun Tutup Pelatihan KPMD XXIV

Turut hadir dalam acara Musrenbang Desa Perwakilan dari Polsek Mandiangin, perwakilan dari Subdanramil, kepala Puskesmas Mandiangin, korwil dinas pendidikan, koordinator Pertanian, para ketua BPD dan para perangkat desa dari 11 Desa.

Penulis : AR

print

Dirgahayu Kota Tangerang

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top