Tangerang

Pulihkan Ekonomi Disektor Pariwisata, Pemkab Tangerang Terima Dana Hibah dari Kemenparekraf RI

Terbit Tanggal 3 Desember 2020 oleh Media iGlobalNews

Sumber poto Google.

Sumber photo Google.

TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Demi memulihkan ekonomi nasional sebagai penunjang sektor wisata, dibidang Perhotelan, dan Restoran yang dikabarkan sudah mengalami gangguan finansial Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) salurkan dana hibah sebesar 3,3 Triliun kepada Pemerintah kota/kabupaten diseluruh Provinsi. Salah satunya, Pemkab Tangerang yang mendapatkan bantuan dana Hibah dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang, Surya Wijaya mengatakan bahwa Pemkab Tangerang mendapatkan bantuan dana hibah dari Menparekraf RI senilai 124 Miliar untuk menggerakan kembali ekonomi bagi para pelaku usaha industri Hotel dan Restoran serta membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menangani dampak Covid-19 pada sektor pariwisata.

“Dari anggaran 124 Miliar 70% (persen) hibah tunai kepada industri Perhotelan dan Restoran, 30% nya dihibahkan kepada Pemda untuk penanganan Covid-19 pada sektor pariwisata,” ucap Kepala Disporabudpar Kabupaten Tangerang saat dikonfirmasi dikantornya, Rabu (02/12/2020).

Surya Wijaya lebih menjelaskan, 30% dari anggaran total 124 Miliar terbagi beberapa SKPD, seperti Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) mendapatkan 15 Miliar untuk pembangunan infrastruktur menuju akses tempat pariwisata.

Kegiatan bantuan untuk Ekonomi Kreatif dibidang UMKM dari Dinas Koperasi dalam bentuk pengembangan sebesar 2 miliar lebih, untuk memfasilitasi pelaku usaha tersebut saat ini sedang berlangsung Pameran dan Stand secara gratis kepada pelaku usaha di Mall Citra Raya.

Sedangkan anggaran 17 Miliar diberikan Pengusaha Hotel dan Restoran yang terdaftar di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Adapun untuk Disporabudpar hanya melaksanakan kegiatan Sosialisasi bagi calon penerima Hibah Hotel dan Restoran yang memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

H. SURYA WIJAYA Kepala Dinas Disporabudpar Kabupaten Tangerang

H. Surya Wijaya Kepala Dinas Disporabudpar Kabupaten Tangerang.

Ditambah lagi untuk kegiatan Review sebesar 1,8 Miliar di Inspektorat, yang tugasnya mengevaluasi calon penerima dana Hibah yang diusulkan oleh Bapenda dan DPMPTSP Pemkab Tangerang.

Baca Juga  Reses Dewan Wawan di SMA HIRO Serap Aspirasi Para Siswa

Dari beberapa Hotel dan Restoran yang akan mendapatkan dana Hibah terlebih dahulu akan diberikan sosialisasi oleh Dispora, adapun berapa jumlah hotel dan restoran mana saja yang nanti akan mendapatkan bantuan hibah tersebut itu akan ditentukan oleh Bapenda dan DPMPTSP.

Sementara untuk syarat dan Juklak/Juknis untuk mendapatkan dana Hibah belum jelas diketahui, karena sampai saat ini Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang Soma Atmaja sulit ditemui, seketika dikonfirmasi melalui pesan Whastapp guna klarifikasi anggaran dana Hibah tersebut.

Ditempat terpisah Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tangerang, M. Hidayat menegaskan bahwa BPKAD hanya selaku pencatat anggaran Hibah yang disalurkan Kemenparekraf RI. Terkait peruntukan itu telah terkoordinasi oleh Dinas Disporabudpar yang melibatkan Dinas Koperasi, Bapenda, dan Dinas Bina Marga SDA.

” BPKAD hanya selaku pencatat anggaranya,terkait peruntukan dan sebagainya itu dikoordinasi oleh Disporabudpar, adapun berita acara sudah kita buat, dan konon katanya untuk berita acaranya yang sudah dibuat dananya sudah masuk RKUD 50% dari 124 Miliar itu, nanti selebihnya tahap berikutnya itu setelah ada progres penyelesaian yang tahap pertama,” ungkap Kepala BPKAD Kabupaten Tangerang, Rabu (02/12/2020) kepada media Iglobalnews.co.id.

Dirinya menambahkan, terkait kapan waktu dan tanggal turunnya anggaran tahap pertama ke RKUD dirinya belum tahu pasti, nanti akan dicek lebih lanjut.

“Terkait kapan dan tanggal masuk itu saya belum cek, tetapi berita acara serah terima itu sudah jadi secara teknis. Untuk tanggal, nilai, dan lain sebagainya itu memang yang mengetahui Sekban saya, cuma beliau hari ini lagi mengikuti Pansus terkait pajak daerah dan UPDB sama Bapenda,” tandasnya.

Penulis : Rd.

print

New Note 1

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top