Bandung

Program Triple Untung Plus WP Mumpung Belum Berakhir

Terbit Tanggal 4 Desember 2020 oleh Media iGlobalNews


BANDUNG, IGLOBLANEWS.CO.ID – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal ini Wajib Pajak (WP), Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dari waktu ke waktu terus berinovasi, berbaga inovasi pun sudah digulirkan, semua itu dilakukan selain untuk meningkatkan Pendatan Asli Daerah (PAD) tahun 2020 melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) juga untuk memberikan keringakan beban masyarakat dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) seperti program yang sampai ini masih terus berjalan yaitu program Triple Untung Plus. Dengan adanya program tersebut, tentu saja masyarakat merasa terbantu dikarnakan program tersebut terdapat banyak keuntungan.

Melansir pada laman Bapenda Jabar, relaksasi itu bertajuk program ‘Triple Untung Plus’, terdiri atas Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bagi yang menunggak, pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB II) untuk penyerahan Kedua dan seterusnya, dan pembebasan Tarif Progresif untuk Pokok Tunggakan PKB bagi Wajib Pajak yang melakukan Balik Nama Kendaraan Bermotor menjadi Atas Nama Sendiri.

Selain Tiga Keuntungan Utama tersebut, Bapenda Jabar juga memberikan keringanan lain untuk Pemilik Kendaraan Bermotor, di antaranya adalah Diskon PKB. Nilai Diskon yang diberikan bervariasi.

Pemilik Kendaraan yang membayar Pajak saat jatuh tempo hingga 30 hari sebelum jatuh tempo memperoleh Diskon sebesar 2% (persen). Selanjutnya, pembayaran Pajak dalam periode lebih dari 30 – 60 hari sebelum jatuh tempo mendapatkan diskon sebesar 4%.

Jika pembayaran dilakukan lebih dari 60 – 90 hari sebelum jatuh tempo, pemilik kendaraan mendapatkan Diskon sebesar 6%. Berikutnya, untuk pembayaran lebih dari 90 – 120 hari sebelum jatuh tempo diskon yang diberikan adalah sebesar 8 persen. Dan bagi pemilik Kendaraan yang membayar lebih dari 120 – 180 hari sebelum jatuh tempo dapat menikmati potongan PKB sebesar 10%.

Keringanan lain yang diberikan Bapenda Jabar, yaitu Diskon 100 persen Pokok Tunggakan PKB Tahun Kelima. Ada pula Diskon sebesar 2,5 persen dari Pokok BBNKB I untuk pembelian Kendaraan Baru. Sangat menarik kan? Ayo manfaatkan Program Triple Untung Plus Tahun 2020 ini.

Adapun untuk pembayaran PKB Tahunan dapat dilakukan lewat Kantor Bersama Samsat, Samsat Keliling, Samsat Gendong, Samsat Outlet, Samsat Drive Thru, e-Samsat Regional (Bank BJB, BCA, BNI), E-Samsat Nasional (Bank BJB, BCA, BRI, BNI, Mandiri, Permata, CIMB Niaga, Bukopin, BTN dan Bank Danamon), Sambara, Samades dan Samsat J’bret (Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Tokopedia, Bukalapak, Kaspro, Loket PPOB dan Bank BJB).

Sementara itu, untuk pembayaran PKB 5 tahunan dan BBNKB dilakukan di Kantor Bersama Samsat Induk tempat Kendaraan Bermotor terdaftar.

Bagi warga yang taat membayar Pajak Kendaraan Bermotor, Bapenda Jabar menyiapkan sejumlah hadiah. Ada paket Umrah untuk dua orang pemenang, 5 sepeda motor Honda BEAT, dan 10 tabungan bank bjb masing-masing Rp 5 juta. Pemenang akan diundi di akhir tahun 2020.

Oleh sebab itu, Kasat Lantas Polresta Bandung Kompol Erik Bangun Prakasa melalui Kanit Regident Satlantas Polresta Bandung, AKP Sudirianto menghimbau kepada masyarakat agar bisa manfaatkan program tersebut dengan sebaik mungkin mumpung program tersebut belum berakhir.

Dikatakannya, masyarakat yang akan membayar pajak kendaraannya melalui kantor Samsat, baik itu Samsat Soreang ataupun Samsat Rancaekek tidak perlu khawatir, karna dalam pelayanannya kita sudah sesuai dengan protokol kesehatan secara ketat.

“Setia wajib pajak yang akan memasuki area kantor samsat, selain wajibpakai masker, terlebih dahulu akan dilakukan pengecekan suhu tubuh, kemudian mencuci tangan ditempat yang telah disediakan, selanjutnya para wajib pajak sebelum masuk ke ruangan layanan harus melewati bilik disinfektan,” tuturnya saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (3/12/2020).

Bagi masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraannya namun tidak mau ribet, lanjutnya, selain bisa pembayaran pajak melalui Samsat Keliling (Samling) juga bisa dilakukan secara online.

“Dengan masyarakat taat pajak, selain bisa membantu meningkatkan pendapata asli daerah, juga bisa membantu dalam pembangunan daerah khususnya di kabupaten bandung,” tutupnya.

Penulis : Sugiyanto.

print

Dirgahayu Kota Tangerang

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top