Serang

Bupati Serang Diduga Gagal Fokus Saat Dimintai Tanggapan Berita Terkait Proyek PDAM Cikande Permai

Terbit Tanggal 1 Desember 2020 oleh Media iGlobalNews


SERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Demi Mematuhi Protokol Kesehatan di masa Pandemi Covid-19, IglobalNews melalui Kaperwil Banten melakukan konfirmasi melalui surat untuk meminta tanggapan atas Pemberitaan tanggal 6 Oktober 2020 dengan judul “Proyek PDAM Cikande Diduga Tidak Sesuai SOP Serta Abaikan K3”, namun Pihak Dinas Perkim Kabupaten Serang terkesan enggan membalasnya.

Mengingat surat konfirmasi yang disampaikan tidak ditangapi, media inipun berlanjut menyurati Bupati Kabupaten Serang dengan prihal: konfirmasi, mohon tanggapan atas berita yang disampaikan dengan judulTerkait Proyek PDAM Cikande Permai, Dinas Perkim Kabupaten Serang Bungkam“.

Suratpun dibalas oleh Bupati Serang melalui Kominfo Kabupaten yang ditandatangani oleh H. Anas Dwi Prasadya, S,Sos., M.SI Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang Selaku PPID Utama, tertanggal 25 November 2020.

Namun, Sangat disayangkan isi tanggapan surat tersebut tidak nyambung alias Gagal Fokus dengan isi surat yang dibuat IglobalNews, Jawaban surat diberi judul Pemberitahuan Tertulis, Point nya ada dua yaitu :
A. Informasi dapat diberikan (di buat dalam bentuk tabel).

B. Informasi belum dapat diproses.
1. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pasal 6 ayat (1) ” Badan Publik berhak menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”.
2. Peraturan Bupati Serang nomor 27 tahun 2019 tentang pedoman pengelolaan Pelayanan informasi dan dokumentasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang Pasal 25 Point g menyatakan bahwa “Dalam hal persyaratan belum memenuhu ketentuan sesuai hasil verifikasi dan validasi persyaratan, Maka PPID menginformasikan atau bersurat kepada pemohon Informasi.
3. Adapun Legalstanding yang belum ditemukan adalah berupa foto copy KTP minimal 3 orang (Ketua, Sekertaris, Bendahara), Akte pendirian, strukutur organisasi dan surat penunjukan dari ketua apabila yang menandatangani bukan ketua.

Baca Juga  Makan Malam Bersama, Firdaus - Tonno Sepakat Usung Perubahan di Pilkada Cilegon

Sementara itu diduga Perbup Nomor 27 tahun 2019 tidak sesuai, karena saat kami cek melalui situs resmi https://jdih.serangkab.go.id Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Serang, bahwa yang tercantum di situs resmi JDIH Kabupaten serang adalah Perbup 30 tahun 2017. (Foto terlampir).

Mirisnya, jawaban yang disampaikan oleh pihak kominfo kabupaten serang dinilai asal jawab, sejatinya jawaban yang disampaikan tidak nyambung dengan isi surat yang disampaikan media ini melalui Kaperwil Banten.

Pasalnya, isi surat dari media Iglobalnews.co.id Perwakilan Banten yaitu, Prihal konfirmasi bukan permohonan informasi, kenapa pihak KOMINFO kabupaten serang malah menjawabnya dengan pemberitahuan tertulis. Jawaban yang disampaikan pihak diskominfo Kabupaten Serang terkesan ngawur dan tidak profesional dalam menganalisa isi surat yang diterima.

Penulis : Oki.

print

New Note 1

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top