Pandeglang

BMKG Melalui Kantor UPP Kelas III Labuan Waspadai Cuaca di Wilayah Padeglang

Terbit Tanggal 18 Desember 2020 oleh Media iGlobalNews


PANDEGLANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Kantor Direktorat Kementerian Perhubungan Dirjen perhubungan laut Kantor Unit Pelayelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Labuan Padeglang-Banten.
Sebagai tindak lanjut dari hasil pemantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pandeglang gelombang tinggi di Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten dan Samudra Hindia Selatan Banten. Sampai tanggal 20 Desember 2020.

Mastur, S.IP, MM Kepala kantor Unit Pelayelenggara Pelabuhan Kelas III Labuan Padeglang-Banten menyampaikan, terkait himbauan BMKG untuk diwilayah kerjanya cuaca di Pandeglang memang ombak sedang tinggi saat ini, sampai naik ke dermaga untuk nelayan juga dihibau agar mewaspadai cuaca dilaut agar tidak pergi melaut terlebih dahulu

Untuk daerah selatan binuangen dan Bayah arah kepelabuhan ratu cuaca disana cukup bagus, cuma kita tetap siap siaga faktor cuaca alam kita tidak tahu dan memprediksikan hal tersebut.

Mastur juga menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menerbitkan Maklumat Pelayaran kepada seluruh Kepala Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Indonesia terkait kapal penumpang diwilayahnya tidak ada kapal untuk penyeberangan ke pulau hanya kapal nelayan dan kapal besar yang dari Kalimatan menuju Bayah ke PLTU Pelabuhanratu.

Dirinya (Mastur,red) menegaskan bahwa pihaknya dalam melakukan pengawasan akan mengutamakan standar keamaan setiap kapal yang berlayar.

Selain itu juga pihaknya tidak akan segan–segan menunda pelayaran jika kondisi kapal dan cuaca tidak memungkinkan untuk berlayar.

“Jadi jika dirasa sangat membahayakan kami dapat menunda dulu persetujuan berlayar untuk sementara waktu sampai kondisi cuaca memungkinkan dan aman untuk berlayar. Terlebih lagi bagi nakhoda kapal yang berlayar ke laut terbuka dan jauh dari pesisir harus ekstra hati-hati karena cuaca bisa saja tiba-tiba berubah. Kan lebih baik tunda dulu keberangkatan dari pada tidak sampai tujuan,” terangnya, Jumat, (18/12/2020).

Untuk itu pihaknya berharap agar semua pihak bisa bekerja sama untuk menjaga keselamatan dalam berlayar disemua rute yang melewati laut.

“Apapun tujuannya, ketika kita melihat cuaca sedang buruk lebih baik di tunda dulu pelayaran nya daripada kita tidak sampai di tempat tujuan,” harapnya.

Penulis : Budi/Red.

print

Dirgahayu Kota Tangerang

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top