Bandung

Setelah Semarang dan Jakarta, Kini Bandung Resmi Miliki RSI

Terbit Tanggal 30 November 2020 oleh Media iGlobalNews

Sumber photo Google.

Sumber photo Google.

BANDUNG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Di masa wabah pandemi Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19) yang sampai saat ini belum usai. Membuat minat masyarakat untuk berolahraga semakin meningkat, salah satu yaitu minat bersedepa.

Setelah Semarang dan Jakarta yang lebih dulu memiliki Rumah Sepeda Indonesia (RSI), kini Kota Bandung juga telah memiliki RSI yang diresmikan di Kota Bandung pada Minggu (29/11/2020).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan bahwa peran komunitas pengguna sepeda dalam upaya menggerakkan masyarakat berolahraga sekaligus berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Kita berharap ide Bike To Work (bersepeda ke tempat kerja) ini akan mengurangi kendaraan bermotor, mengurangi karbon monoksida, kemudian juga akan mengurangi titik kemacetan di Kota Bandung,” kata Ricky di RSI Kota Bandung di Jalan Sumbawa, yang dilansir antaranews.com.

Guna mendukung kegiatan bersepeda, ia mengatakan, Dinas Perhubungan akan menyiapkan jalur sepeda sepanjang 15 kilometer pada tahun 2021.

“Tujuh titik sepanjang 15 kilometer dengan anggaran Rp2,2 miliar di tahun anggaran 2021. Insya Allah ini akan menambah jalur sepeda, sehingga memberikan kemudahan bagi penggemar sepeda,” katanya.

Dinas Perhubungan juga akan mengampanyekan gerakan bersepeda ke sekolah guna mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang gas buangnya mencemari udara.

“Setiap minggu kita edukasi dengan bersepeda dengan selamat. Kami dibantu komunitas sepeda setiap bulan dan minggu. Mudah-mudahan bisa buat efek terbaik,” ulasnya.

Selain di Kota Semarang dan Jakarta RSI kini ada Kota Bandung.

Sementara menurut Ketua Bike2Work Indonesia Poetoet Soedarjanto, menjelaskan, RSI merupakan wadah bagi upaya untuk menggerakkan masyarakat bersepeda, mengurangi kemacetan lalu lintas, dan pencemaran udara.

Baca Juga  Jelang Pengamanan Nataru 2021, Ditlantas Polda Jabar Kembali Lakukan Rapid Test Terhadap Personil dan ASN Polda

“Ini supaya menjadi wadah berkumpulnya teman-teman penggiat sepeda, apapun klubnya, komunitasnya, untuk merancang, menggali ide, mengajak masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari,” ungkapnya Poetoet.

“Permasalahan polusi udara, kemacetan, kecelakaan tinggi, sama-sama bisa kita turunkan, sehingga kota ini bisa jauh lebih baik dari aspek lalu lintas jalan raya,” pungkasnya.

Penulis : Sugiyanto.

print

New Note 1

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top