Hukum

Jaksa Tuntut 39 Bulan Willy Prakasa Ketua Jari 98 Dugaan Money Politik Pelanggaran Pilkada Tangsel

Terbit Tanggal 25 November 2020 oleh Media iGlobalNews

Ketua Jari 98 dituntut 39 bulan dugaan Money Politik Pelanggaran Kampaye Tangsel, Rabu 25 / 11 / 2020 di PN. Tangerang

Ketua Jari 98 dituntut 39 bulan dugaan Money Politik Pelanggaran Kampaye Tangsel, Rabu (25/11/2020) di PN Tangerang.

TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Terdakwa, Willy Prakasa, Ketua Presidium Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (JARI) 98 terbukti bersalah dalam pelanggaran Kampanye Pilkada Tangsel, Jaksa Penuntut Umum, Prima Yuda dari Kejari Tangsel, menuntut terdakwa selama 39 bulan, denda Rp 200 juta, Subsidaer 3 bulan penjara, Rabu (25/11/2020) di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang.

Dalam surat tuntutan JPU, Willy Prakasa, terbukti secara syah dan meyakinkan pada tanggal 26 Agustus 2020 mengumpulkan massa di lapangan bola, Rawa Macek Tangsel bersama Jari 98 dan mengajak masyarakat mendukung Pasangan Calon (Paslon) Nomor 3 dan mengacungkan 3 jari.

Terdakwa, Willy membawa Toa, dan berorasi, sambil bagi- bagi uang kepada masyarakat yang hadir di lapangan Bolo Rawa Macek, dan menyuruh masyarakat agar memilih Paslon Nomor 3 dalam Pilkada yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020 mendatang, di Tangsel.

Pengumpulan masa, di lapangan Bola Rawa Macek dan pembagian uang di Prakarsai Terdakwa Willy Prakasa, Ketua Jari 98, acara bagi- bagi uang sempat Viral dan mencuat, ke publik karena pengumpulan massa direkam melalui Vidio handphone, dan bisa ditonton di Cenel Yutube, dan tidak jelas siapa yang Uploudnya.

Perbuatan terdakwa yang dikenal sebagai Ketua Presedium, Jari 98 telah memenuhi unsur, dan terbukti secara syah dan meyakinkan sesuai dengan pasal 187A, undang undang No 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada, dalam Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Yang meringankan terdakwa, menurut JPU, Willy Prakasa, di persidangan sopan dan berterus terang, yang memberatkan Pendukung Pasangan Calon, No 3 menyuruh masyarakat memilih dan bagi- bagi uang.

Baca Juga  Sesosok bayi Laki-laki Ditemukan di Sawah dalam Keadaan Tali Ari-ari yang Masih Nempel

Sesai perintah UU Pilkada, menurut Kasie Pidum Kejari Tangsel, Taufiq Fauzi, Sidang Pelanggaran Pilkada, waktunya singkat hanya 7 hari kerja, makanya sidang dari pembacaan dakwaan langsung ke pemeriaksaan saksi, lanjut pemeriksaan terdakwa dan tuntutan, hari senin paling lama sudah putusan.

Baca Juga : Ketua Jari 98 Pendukung Paslon Nomor 3 Pilkada Tangsel Disidangkan Kasus Dugaan Money Politik.

Ketua majelis hakim, Perdinand Marcos, dibantu hakim anggota Wendra Rais dan R.Aji Suryo, selesai mendengarkan tuntutan jaksa memberikan kesempatan kepada terdakwa dan Pengacara yang mendampingi mengajukan pembelaan.

Penulis. : JP. Dasuha.

print

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top