Sumatera Selatan

Hasil Rembuk Adat Sumatera Selatan 2020 Diserahkan Kepada Gubernur dan Bank Sumsel Babel

Terbit Tanggal 29 November 2020 oleh Media iGlobalNews


SUMSEL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Rapat Evaluasi Pelaksana Pekan Adat 2020 diadakan pada tanggal 27 November 2020, yang dilaksanakan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah berjalan sukses dan khitmat, ujar Ketua Pembina Adat Sumsel, H.Albar Sentosa Subari, SH.SU diruang kerjanya, Sabtu (28/11/2020).

Lanjutnya, menguraikan secara detailnya, yang mengenai rapat tersebut merupakan rapat terakhir sebelum menyerahkan hasil lengkap kepada Gubernur Sumsel H.Herman Deru dan Bank Sumsel Babel (Sponsor, sebagai Bapak Angkat-nya, Red), pada saat itu yang mana saya sebagai Ketua Pembina Adat Sumsel menyerahkan lengkap satu Map Plastik.

Masih kata H.Albar Sentosa Subari, ada pun prihal bahwa didalam Map Plastik tersebut, ada juga berikut dua berkas tulisan liputan berita dari media iglobalnews berjudul ; Gubenur Sumsel Menggelar Pembukaan Pekan Adat 2020 dan Acara Pekan Adat Sumsel 2020 Resmi Ditutup”, Pekan Adat Sumsel 2020 lalu, guna untuk menyerahkan langsung dalam acara serah terima kepada Ketua Pekan Adat, Drs. A. Rafani Igama, MSc., yang sebelumnya Ketua Pembina Adat Sumsel ketika itu menyerahkan laporan tersebut terlebih dahulu dilakukan serah terima berkas tersebut dari koordinator SC, H. Rusdi Zubeir, MSc.

Inti laporan rembuk adalah memuat sembilan usulan dan satu rekomendasi, sebagaimana sudah diberitakan pada waktu terdahulu melalui media ini. Satu hal yang prinsip dan merupakan rekomendasi penting ada lah segera untuk membuat Peraturan Gubernur tentang Pelestarian Adat Istiadat di Sumatera Selatan, Tuturnya penuh semangat.

Dirinya menambahkan, maksud tersebut sudah terbentuk Tim Penyusunan Peraturan Gubernur tentang itu, yaitu dengan telah terbit Surat Keputusan Gubernur Nomor 646/KPTS/Disbudpar/2020 Tanggal 10 November 2020 bertepatan dengan hari memperingati hari Pahlawan.

Baca Juga  Dodi Reza Bakal Sulap Bayung Lencir Jadi Kawasan Industri Hijau

Mudah mudahan ini suatu momen yang telah diatur oleh Allah SWT, guna mengingat jasa perjuangan para pahlawan, untuk menjaga dan melestarikan jati diri bangsa. Tim diketuai oleh Kepala Dinas Disbudpar Sumsel, dan Sekretarisnya adalah Kepala Bagian Peraturan Perundangan Biro Hukum dan HAM Setda Provinsi Sumsel. Sedangkan utusan dari Pembina Adat Sumsel sebagai anggota adalah :
1.H. Albar Sentosa Subar, SH.SU (Ketua Pembina Adat).
2. H. Iskandar Zulkarnain, SH. Mhum (Wk. Ketua Pembina Adat).
3. Dr. Erwan Suryanegara (Sekretaris Pembina Adat Sumsel).
4. Dr. Hudaidah (Anggota Pembina Adat Sumsel).

Mudah – mudahan dengan terlibatnya beberapa Pengurus Adat Sumsel ini diharapkannya dapat mengakomodasi hasil Rembuk Adat yang baru saja direrahkan pada Panitia di atas dapat terukur dan terukir didalam Pasa-Pasal didalam Peraturan Gubernur tersebut nantinya, tutur pria berkacamata ini adalah Dosen tetap Fakultas Hukum UNSRI, dan juga sebagai dosen luar biasa pada Program S2 UNSRI, dan beberapa PTS di Palembang, Sumsel.

” Peraturan Gubernur Sumsel tersebut sebagai Dasar Hukum Pengambilan Kebijaksanaan Pemerintah Provinsi, dan atau Kabupaten dan serta Kota Se-Sumatera,” tandasnya.

Penulis : Wancik.

print

New Note 1

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top