Sumatera Selatan

Gubenur Sumsel Menggelar Pembukaan Pekan Adat 2020

Terbit Tanggal 29 November 2020 oleh Media iGlobalNews

Baca Puisi oleh Gubernur Sumsel, H.Herman Deru, yang diiringi musik Seruling diatas pentas acara Pembukaan Pekan Adat Sumsel 2020, pagi tadi, di Taman Bukit Siguntang, Palembang, Kamis (12/11/2020).

Photo Gubenur Sumsel, H.Herman Deru, saat membacakan puisi yang diiringi musik Seruling diatas pentas acara Pembukaan Pekan Adat Sumsel 2020, Kamis (12/11/2020).

SUMSEL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Pembukaan Pekan Adat Sumatera Selatan (Sumsel) 2020, dihadiri dengan kedatangan orang nomor satu di Provinsi Sumsel yang dicintai warganya dari berbagai lapisan turut menyambut H Herman Deru,SH.MM tiba dilokasi tempat acara, Kamis (12/11/2020) pukul : 09:00 WIB, kedatanga saat itu disambut Pengurus Pembina Adat Sumut dan jajarannya serta para tamu undangan lainnya, menyambut penuh antusias serta rasa haru, kegiatan yang digelar di Taman Bukit Siguntang, Jalan. Sultan Moh.Mansyur Palembang, Kamis, (12/11/2020).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Pangdam II/Sriwijaya yang diwakili oleh Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Muhammad Zamroni, SIP, Hj.RA.Anita Noeringhati, SH.MH (Ketua DPRD Provinsi Sumsel), Kapolda Sumsel yang diwakili oleh Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes.Pol Supriyadi, Gubernur Sumsel, H.Herman Deru, SH,MM, Ir.H.Syahrial Oesman (Mantan Gubernur Sumatera Selatan) beserta isteri Hj.Maphilinda, Ketua Pembina Adat Sumatera Selatan, H.Albar Sentosa Subari, SH.SU, Sultan Palembang, SMB IV Jaya Wikrama R.M Fauwaz Diradja, dan Idham Rianom, S.Sos (Ketua Forum Palembang Bangkit). Dan serta para undangan lainnya, yang turut menyemarakkan suasana dalam Pembukaan Pekan Adat Sumsel 2020.

Pelataran Makam para Raja-Raja dibawah tenda bewarna merah putih dengan hamparan dominan karpet warna merah dihiasi sentuhan seni pot bunga, taman buatan dihiasi aneka tanaman hias disekelinginya yang menambah suasana sejuk, harmonis nan Asri bagi kenyaman para undangan, terhibur dengan kehadiran Agenda Acara, Pentas Baca Puisi, Penampilan Tradisi Lisan, Karnaval Busana Adat, dan Sajian Musik Seruling saat mengiringi ketika Gubernur H.Herman Deru Baca Puisi diatas pentas.

Baca Juga  Meriahkan Natal, Panitia GPIN Bakal Kompak Pakai Gambo Muba

Dalam kata sambutan pembukaan dari Ketua Pembina Adat Sumatera Selatan, H.Albar Sentosa Subari, SH,SU mengatakan bahwa “Ia sangat bangga atas kehadiran Gubernur Sumsel, H.Herman Deru ditengah kami para undangan dipagi ini dengan didukung cuaca cerah nan ceria, dan selamat datang saya ucapkan kepada yang mulia H.Herman Deru berkesempatan hadir dalam Pembukaan Pekan Adat Sumatera Selatan, yang dijadwalkan pagi ini, Kamis, 12/11/2020 sampai dengan penutupan hingga Senin, 17 November 2020 mendatang,” ungkapnya.

Lanjutnya, “kepada para sponsor yang telah mendukung acara ini saya mengucapkan terima kasih tak terhingga, khususnya kepada Bank SumselBabel yang baru saja berulang tahun pada 6 November 2020 lalu, kami pun tak lupa mengucapkan Selamat, yang semoga Bank SumselBabel tetap Jaya, bermitra dalam membangun daerah kita Sumatera Selatan. BSB (Bank SumselBabel, Red) adalah “Bapak Asuh” kami Pembina Adat Sumsel, Ujarnya dengan ekspresi wajah menyakinkan penuh haru.

Sementara ditempat yang sama dalam kata sambutan oleh Gubernur Sumatera Selatan, H.Herman Deru, meyampaikan bahwa Ia pun sangat bangga, yang begitu antusias para undangan hadir dalam Acara Pembukaan Pekan Adat Sumatera Selatan 2020.

“Semoga dengan kehadirannya penuh ketulusan guna menyemarakan, dan sekaligus dapat merepleksikan tatanan adat istiadat dari nenek moyang kita terdahulu, sangat kita kenal rasa kebersamaan, selalu menjaga solidaritas, kondisi dan situasi keamanan Kota Palembang, khususnya dan serta umumnya Provinsi Sumsel yang kita cintai bersama berprilaku sopan santun kesehariannya dalam menghargai adat istiadat di Provinsi Sumsel,” ungkapnya.

Lanjutnya, ” Penduduk Sumsel kurang lebih 7 Juta jiwa, haruslah bersinergi rasa kebersamaan, walau pun berlain suku adat istiadat namun mereka atau kita ini adalah Putra-putri Wong Palembang Galo atau Wong Sumsel galo (Bahasa Palembang, Galo artinya semuanya, Red) telah terbina dengan baik dari tingkat kampoeng, RT, RW, Kelurahan, Kota hingga tingkat Provinsi.

Baca Juga  Dinding Tembok XL Kondisinya Sudah Miring dan Membahayakan Bagi Warga Setempat

Dan lalu tengah kata sambutannya itu, Gubernur Sumsel, H.Herman Deru berpesan juga teruslah lestarikan berpakaian Adat, (seperti Tanjak), bermotif songket menghiasi dikepala kita itu diacara serimonial, saat menyambut tamu kondangan, menyambut tamu diacara kedinasan atau kenegaraan di Bandara SMB II Palembang, maupun juga di Istana Griya Agung Rumah Dinas Gubernur Sumsel, pakailah Tanjak itu dimoment tertentu yang telah saya sampaikan tadi, pakai TANJAK itu harus bangga, kito Wong Sumsel, Kito Wong Palembang Galo, jadi jangan berprasaan merasa kolot,” tandasnya.

Penulis : Wancik.

print

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top