Serang

Bidang Pidana FH Untirta Menyelenggarakan Webinar Aspek HAM Dalam Penegakan Hukum

Terbit Tanggal 14 November 2020 oleh Media iGlobalNews


SERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Bidang Pidana Fakultas Hukum Untirta kembali menggelar webinar untuk kedua kalinya. Kegiatan kali ini tema yang diambil yaiitu, “Aspek Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Penegakan Hukum Pidana”. Tema tersebut diambil mengingat penegakan hukum pidana selalu terkait dengan penegakan HAM, Sabtu (14/11/2020).

Kegiatan Webinar dibuka oleh Dr. Agus Prihartono PS, S.H.,M.H., Dekan Fakultas Hukum Untirta.

Dalam sambutannya Dr. Agus Prihartono, S.H., M.H menyampaikan selamat atas digelarnya kembali webinar yang kedua oleh Bidang Pidana FH UNTIRTA.

” Webinar ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, topic yang diambil pun masih relevan untuk dibahas, mengingat isu HAM sampai sekarang masih tetap menarik untuk dikaji,” sebutnya.

Dr. Mudzakkir, S.H.,M.H., Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, salah satu narasumber dalam webinar tersebut menyampaikan terkait aspek HAM dilihat dari perspektif Sistem Peradilan Pidana.

Sedikitnya ada 3 hal yang disampaikan oleh beliau, antara lain terkait dengan misteri yang belum terpecahkan dalam sistem peradilan pidana yakni :
1. Mengenai kedudukan korban dalam sistem peradilan pidana.
2. Tidak adanya hubungan antara korban dengan penegakan hukum dan.
3. Keadilan hukum ini untuk siapa, untuk pelaku atau korban. Dr. Mudzakkir, S.H.,M.H. menggunakan analisis meta terhadap praktek penegakan hukum pidana.

Narasumber kedua, Dr. Muhyi, S.H.,M.H., Ketua Bidang Pidana FH Untirta, menyoroti tentang hukum pidana dalam perspektif HAM. Semangat HAM dalam hukum pidana baik materil maupun formil, tidak saja utamanya sebagaimana asas-asas hukum pidana, melainkan pula dalam praktik peradilan pidana.

Lanjut Muhyi, pada era demokrasi dalam penegakan hukum pidana, peran serta masyarakat yang menduduki posisi penting sebagai kontrol untuk tegaknya keadilan dan kebenaran bagi tujuan kesejahteraan masyarakatnya sebagaimana dalam kerangka tujuan Negara hukum yang berorientasi pada Negara kesejahteraan.

Baca Juga  Gubernur Banten Pimpin Apel HUT Bhayangkara ke 71

Sesi diskusi yang dipandu oleh Dr. Rena Yulia, S.H.,M.H. sebagai moderator, mengangkat berbagai pertanyaan menarik dari para peserta webinar. Antara lain terkait hak asasi terlapor, tersangka, terdakwa, terpidana dan mantan terpidana dalam sistem peradilan pidana, asas praduga tak bersalah, pembuktian dalam proses penegakan hukum, upaya hukum bagi yang disangka melakukan tindak pidana, serta Negara hukum dan demokrasi.

Webinar kali ini diikuti oleh sekitar 300 peserta yang berasal dari berbagai kalangan, mahasiswa, praktisi dan akademisi. Antara lain Medan, Padang, Surabaya, Riau, Jakarta dan daerah lain. Selain diikuti oleh mahasiswa Untirta, juga diikuti oleh dosen dan mahasiswa dari kampus lain, antara lain Universitas Pancasila, Universitas PancaSakti Tegal, Universitas Bhayangkara, Universitas Andalas, Universitas Sriwijaya Palembang, dan lainnya. Demikian disampaikan oleh Aliyth Prakarsa, S.H.,M.H. selaku Ketua Panitia Webinar Bidang Pidana FH Untirta.

Penulis : Red.

print

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top