Sumatera Selatan

Aksi Demo Tuntut Pencabutan Izin The Zuri Hotel Baturaja dan Penghentian Proyek Jaringan Pipa Gas Kabupaten OKU

Terbit Tanggal 3 November 2020 oleh Media iGlobalNews


OKU, IGLOBALNEWS.CO.ID -Ogan Komering Ulu, IGLOBALNEWS.CO.ID – Pasca Inkracht-nya putusan PTUN Palembang yang membatalkan izin lingkungan pembangunan The Zuri Hotel Baturaja, YALHI OKU Raya dan Forum Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup melakukan aksi damai ke Pemda OKU, Senin (2/11/2020).

Dalam aksi ini menuntut agar Pemda OKU segera melaksanakan isi putusan PTUN tersebut serta menghentikan proyek program jaringan gas di Kabupaten Oku yang belum terbit izin pemindahan lokasi, tetapi pekerjaannya sudah mencapai 70%.

Dalam orasinya, Ketua YALHI Oku Raya, Syaiful Amin menuntut agar pihak Pemda OKU menghormati dan mematuhi putusan PTUN tersebut dan segera menghentikan segala kegiatan The Zuri Hotel.

“Kita semua di sini untuk meminta pihak Pemerintah Daerah OKU agar menghormati hukum. Masyarakat menunggu tindakan nyata Pemerintah Daerah OKU jangan memberikan contoh yang buruk bagi masyarakat OKU,” kata Syaiful Amin.

Massa aksi diterima oleh PJS Bupati OKU dan jajaran Pemda OKU menjawab tuntutan tersebut. PJS Bupati OKU, M. Zaki Aslam mengatakan bahwa pihak Pemda OKU menghormati dan melaksanakan putusan PTUN tersebut dan sudah melayangkan surat penghentian sementara segala kegiatan pembangunan The Zuri Hotel Baturaja tanggal (27/10/2020).

Namun, dalam pantauan di lapangan masih terlihat aktivitas pekerjaan pembangunan The Zuri Hotel.

Adapun proyek jaringan gas ini belum melengkapi izin perubahan jalur, akan tetapi pengerjaan di lapangan diduga sudah mencapai 70%, pihak Pemda OKU juga akan segera menghentikan sementara proyek tersebut sampai izin lingkungan tersebut diterbitkan.

Setelah orasi tersebut, peserta aksi melanjutkan aksinya ke DPRD Kabupaten OKU menuntut agar segera membentuk Pansus untuk permasalahan lingkungan.

Peserta aksi diterima langsung di ruang rapat Banmus oleh Wakil Ketua Yudhi Purna Nugraha dan anggota DPRD OKU serta Kapolres OKU, Arif.

Baca Juga  Jembatan Ampera dan OPI Mall Malam ini akan Ditutup

Dalam rapat tersebut, perwakilan Forum Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup, Sudirman serta YALHI OKU Raya, Syaiful Amin memaparkan bahwa proyek jaringan gas di Kabupaten OKU dikerjakan dengan serampangan dan tidak diawasi oleh instansi pemerintah terkait.

Dampak dari lemahnya pengawasan ini menyebabkan banyak kerusakan mulai dari rusaknya rumah warga dan dugaan ambruknya jembatan yang menghubungkan 3 kecamatan di Kabupaten OKU.

Hal ini menjadi perhatian serius oleh DPRD OKU dan akan diusulkan dalam rapat pimpinan agar dibentuk pansus serta menerjunkan tim teknis untuk mendalami permasalahan yang sedang terjadi.

Mereka juga meminta tindakan nyata yang dinanti masyarakat kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU, Nopriansyah agar segera menghentikan sementara The Zuri Hotel dan proyek jaringan pipa tersebut sampai izinnya terbit.

Penulis : Miftahul Achyar.

print

New Note 1

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top