Serang

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Kades Sangiang Pamarayan Sulap Limbah Jadi Nilai Ekonomis

on


SERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Dalam meningkatkan perekonomian masyarakatnya di masa Pandemi Covid-19, Sugeng Wahyono Kepala Desa (Kades) Sangiang melakukan penyuluhan dan pelatihan Lalat Tentara Hitam dengan istilah asing Metode Maggot Black Soldier Fly (BSF), yang dilaksanakam di Kantor Desa Sangiang Kecamatan Pamarayan Kabupaten Serang.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Pamarayan, anggota Dinas Lingkungan Hidup Kemasyarakatan Kabupaten Serang, Tokoh masyarakat serta warga desa.

Kades Sangiang Sugeng Wahyono dalam sambutanya menjelaskan, kami melihat PT Malindo Feedmil Tbk limbah Ternak ayamnya sudah numpuk dan kami mencoba meberikan solusi untuk membuang limbah serta proses pengolahannya, tujuan kami untuk memperdayakan masyarakat dan membantu Ekonomi, terutama dampak Pandemi Covid-19.

“Saya lihat limbah Ternak Pt Malindo numpuk, lalu cari info ada yang paham mengolahnya bahkan bisa menguntungkan akhirnya kami gandeng Barokah Maggot BSF Ubah Nasib. Alhamdulillah ini sedang proses, baunya sekarang berkurang. Pembudidayaanya dan pengolahan dikerjakan warga juga agar bisa membantu perkonomian mereka,” sebut Kades pada media, Rabu (21/10/2020).

Sementara Camat Pamarayan Supiyan mengatakan, mendukung program Kades Sangiang, Karena Limbah Organik Pakan Ternak bisa menjadi Limbah yang bisa menjadi nilai ekonomis dan membantu ekonomi masyarakat Desa Sangiang.

“Saya mendukung dan senang Masyarakat Sangiang bisa terbantu Ekonominya, yang tadinya cuma limbah dengan diolah bisa jadi Peluang Bisnis,” ucapnya.

Ditempat yang berbeda Harsono dari Barokah Maggot BSF Ubah Nasib, menjelaskan proses pengolahan menggunakan Maggot BSF ini sederhana namun menjanjikan dari segi ekonomisnya.

“Metode pengurai moggot prosenya cepet kita target satu bulan sudah hilang, bekas moggot nya nanti bisa dipakai Pupuk tanaman sama Pertanian , maggot ini aman untuk pakan ayam, burung, ikan, Peternak bisa memanfaatkannya,” pungkasnya.

Baca Juga  Camat Gunung Sari: Antisipasi Kerawanan Keamanan Pilkades

Penulis : Oki.

print

About Media iGlobalNews

Media online iGlobalNews adalah media informasi dan inspirasi. Media iGlobalNews mengabarkan berita secara cepat, tepat, terpercaya dan memberikan sajian secara aktual, tajam dan kredibel.

Recommended for you