Sumatera Selatan

PWI Sumsel Gelar Ngopi COW Bersama Ketua KPU, Bawaslu, Psikolog dan Danrem Gapo

on


SUMSEL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Persatuan Wartawan Indonesai (PWI) Sumatera Selatan menggelar ngobrol pintar (Ngopi) Caro wartawan (COW) dengan tema “Nasib Pilkada 9 Desember Ditengah Covid-19″, yang dilaksanakan di Jalan Supeno No.11 Talang Semut, Palembang pada Sabtu (26/9/2020) pukul 19:00 WIB hingga selesai.

Kegiatan tersebut mengundang narasumber Ketua KPU Sumsel Dra.Kelly Mariana, Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto ST MM, Komandan Korem (Danrem) 004 Garuda Dempo Palembang Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji SIP S.Sos, dan Psikolog Prof Dr dr RGU Bambang Harijanto Mkes Msi Cht CPHCM SpKj (K).

Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar mengatakan, kegaiatan ini pertama kali digelar di Kedai Ngopi COW PWI Sumsel. “Alhamdulillah kita bisa menggelar ngobrol pintar (Ngopi) caro wartawan (COW), tema kali ini yang kita angkat “Nasib Pilkada 9 Desember Ditengah Covid-19,” ungkap pria yang akrab dipanggil Bung Firko.

Lanjut dia, diangkatnya tema ini agar masyarakat pada umumnya, khususnya wartawan lebih mengetahui bagaimana pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, lalu ditambahkannya selain ajang silaturahmi acara ini juga sangat penting bagi perusahaan media, untuk informasi kemasyarakat khususnya dibeberapa kabupaten kota yang melaksanakan pilkada serentak di tengah pandemi.

“Agar masyarakat paham dan mengetahui secara menyeluruh serta tidak khawatir akan pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19, artinya pemungutan suara ditujuh Kabupaten Kota dengan tetap, dan diharuskan dalam menjalankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana, mengatakan, situasi masa Pandemi Covid-19, yang akan menyelenggarakan Pilkada di tujuh (7) Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, tetap berjalan sesuai dengan tahapan dan Peraturan KPU.

” Saat ini pelaksanaan Pilkada sudah masuk tahapan kampanye. Walaupun tidak bisa 100 persen bertemu tatap muka, namun secara teknis perubahan terkait pandemi Covid-19 terus terupdate, termasuk segala informasi bisa melalui website resmi KPU Sumsel,” katanya.

Baca Juga  Pererat Silaturahmi Korem 044/Gapo Menggelar Olahraga Bersama PWI Kota Palembang

Kelly juga menjelaskan lebih jauh, prihal dalam pelaksanaan Pilkada 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan (Prokes), hal itu untuk mencegah penyebaran Covid-19 saat ini dinilai cukup tinggi wabah penyakit ini (Covid-19) telah menjangkau ratusan korbannya yang menganggap sepele dari peraturan protokol kesehatan “tidak menggunakan masker, tak peduli mencuci tangan” akhir-akhir ini pun telah melanda lebih banyak lagi korban dari pandemi ini dibeberapa daerah di Sumsel, ujarnya.

Komisioner Bawaslu Sumsel, Junaidi menambahkan , masih dalam konteks Pilkada 2020 di masa Pandemi Covid-19. Kami prediksikan para calon kandidat lebih banyak menggunakan pola door to door. Dalam pengawasannya dari kami akan lebih ekstra supaya para calon menerapkan Prokes, terang dia.

Sementara Komandan Korem (Danrem) 044 Garuda Dempo Palembang, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, menegaskan, Pilkada tetap berjalan sesuai tahapan, pihaknya tetap akan ikut mengamankan Pilkada 2020 mendatang agar berjalan dengan kondusif. “Kami siap mengamankan Pilkada dan kami ingin Pilkada ini berjalan dengan kondusif dan aman,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Psikolog Prof RGU Bambang Harijanto, mengatakan, sangat mendukung agar Pilkada 2020 tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya. “Saya sangat mendukung agar Pilkada tetap dilaksanakan, dan harus mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

Diakhir kegiatan Ketua Forum Palembang Bangkit, Idham Rianom, S.Sos menambahkan, untuk para calon kepala daerah di Pilkada 2020 ini janganlah mencoba bermain kotor, curang dengan strategi negatif alias membagi-bagikan uang (serangan subuh,Red) tidak pada tempatnya agar dia terpilih oleh masyarakat. Tapi biarlah masyarakat dapat memilihnya secara dewasa dengan pola pikirnya yang jernih untuk melihat secara teliti track rekor dari idola Calon Sang Pemimpin yang mereka dukung. Dan bila nanti ada Calon sang Pemimpin di Ajang Pilkada 2020 bermain kotor, curang dengan strategi negatifnya itu, maka tiada ampun baginya harus didiskualifikasi, pungkas Idham Rianom, yang didampingi oleh sahabat akrabnya, Herlan Asfiudin, Ketua PHRI (Pengusaha Hotel dan Restaurant Indonesia) Sumsel, dan Staf Walikota Palembang, di Bidang Pariwisata.

Baca Juga  Perangkat Kecamatan dan TP PKK Babat Supat Sebar Seribu Masker

Penulis : Wancik.

print

About Media iGlobalNews

Media online iGlobalNews adalah media informasi dan inspirasi. Media iGlobalNews mengabarkan berita secara cepat, tepat, terpercaya dan memberikan sajian secara aktual, tajam dan kredibel.

Recommended for you