Sumatera Selatan

KOTAKU Menggelar Uji Sertifikasi yang Diikuti 13 LKM

on


PALEMBANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – KOTAKU Palembang adakan Uji Sertifikasi bertempat di Jalan Sila beranti RT 30 RW 07 Kelurahan Silaberanti Kecamatan Jakabaring Palembang Sumater Selatan (Sumsel), Senin (7/9/2020).

Kegiatan uji sertifikasi tukang tenaga terampil tahun 2020 diikuti oleh 13 Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) yang terdiri dari 8 LKM yaitu Kota Palembang, 3 LKM Banyuasin dan 2 LKM Ogan Komering ilir OKI yang masing- masing LKM nya mengutus 10 orang tenaga konstruksi yang dilaksanakan selama 4 hari Senin s/d Jum’at di Sekretariat LKM Silaberanti.

Ketua tim ahli Overseigh 04 TA O- 4 Provinsi Sumsel Khoironi mewakili panitia pelaksana menyampaikan, tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kerja konstruksi. Tenaga kerja yang dilatih dan diuji ini adalah tenaga kerja yang melaksanakan pekerjaan Program KOTAKU tahun 2020, sehubungan dengan itu.

“Kepada peserta pelatihan uji sertifikasi agar bersungguh- sungguh mengikuti dan menyerap ilmu yang diberikan oleh nara sumber, dan selanjutnya dipraktekkan pada saat melaksanakan pembangunan,” tuturnya.

Sementara kepala Balai Prasarana Pemukiman walayah Propinsi Sumsel Achmad Irwan Kesuma mengatakan, pelatihan ini sangat penting, karena merupakan unggulan PUPR, yaitu dapat memberikan pekerjaan kepada masyarakat meskipun dalam suasana pandemi Covid-19, kita ketahui bahwa banyak sekali orang kehilangan pekerjaan lantaran wabah corona seperti sekarang, oleh karena itu manfaatkanlah sebaik baiknya kesempatan ini, sebab setelah tersertifikasi maka dapat mengerti apa istilah BMW biaya mutu dan waktu dan sertifikasi dapat memudahkan mencari kerja serta akan diberi upah yg lebih besar ketika belum sertifikasi.

Kepada para instruktur dan fasilitator pendamping LKM, Achmad Irawan kesuma menekankan agar benar benar memperhatikan, bahwa tukang pakai alat pelindung diri APD Masker, cuci tangan dan jaga jarak dan yang tak kalah pentingnya tukang yang saat ini melakukan pemasangan Andesit dan Paving blok, agar diawasi betul karena disayangkan kalau dipasang asal asalan tidak menampakkan estetika sedangkan kita tau bahwa harga Andesit dan Paving block mahal, tutupnya.

Baca Juga  Bupati Muba DRA dan Forkopimda Beri Bantuan Bagi Warga SP.3 dari Bencana Banjir Tahunan

Kepala Dinas Perumahan Permukiman Kota Palembamg diwakili oleh sekretaris Albet Widianto menerangkan, hari ini saya melihat kolaborasi pelaksanaan pembangunan Kota Palembang untuk mencapapai 100 kosong 100 (100% bersih 0% kumuh 100% air bersih,red), melalui pendekatan masyarakat, kebetulan saya juga (Albet,red) sudah 11 tahun kami berkecimpung dengan KORKOT KOTAKU saat ini yang dipegang Subhan, kita ketahui bahwa ujung tombak pembangunan itu adalah tukang.

Lanjut Albet, sehingga sangat tepat kalau balai jasa konstruksi mengadakan uji sertifikasi ini, karena tujuannya adalah menambah keterampilan dan kemampuan tukang itu sendiri agar dalam bekerja dapat tercapai mutu dan kwalitas.

Kepada PPK PKP Provinsi Sumsel Nyimas Suryani dan KORKOT 1 Palembang Subhan Albet mengucapkan terima kasih serta apresiasi karena berkat binaannya maka LKM dapat melaksanakan Uji Sertifikasi Konstruksi yang ke III tahun 2020 di ikuti oleh LKM Kota Palembang Ogan ilir dan Banyuasin bekerja sama dengan Balai jasa Konstruksi Wilayah 2 BJKW Provinsi Sumatra Selatan dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi LPJK Provinsi Sumsel.

” Bismillah hirohman nirrohim, uji Sertifikasi Konstruksi resmi dibuka,” pungkas Albet Widianto dikegiatan.

Penulis : Danil.

print

About Media iGlobalNews

Media online iGlobalNews adalah media informasi dan inspirasi. Media iGlobalNews mengabarkan berita secara cepat, tepat, terpercaya dan memberikan sajian secara aktual, tajam dan kredibel.

Recommended for you