Tangerang

Kombes Pol Edy Sumardi Angkat Bicara Masalah Dugaan Pungli Satpas SIM Polresta Tangerang

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi. ( Dok geogle )

Photo Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi. (sumber Google).

TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi yang menjabat sebagai juru bicara, Polda dari Tipe B dan sekarang sudah menjadi Tipe A dengan Pangkat Kapoldanya Bintang dua (Irjen) angkat bicara masalah Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM Polresta Tangerang, dugaan Pungutan liar (Pungli) yang terbit di media Iglobalnews.co.id, tanggal  6 September 2020 lalu.

Edy Sumardi yang pernah meraih Penghargaan sebagai Kabid Humas Polda terbaik Tipe A sebagai, Afilikasi berita Polri, dan Edukasi aktif masyarakat dalam Menegement “Media” bersama Kabid Humas Poda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yowono yang sekarang menjabat sebagai Kadiv Humas Polri, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bayangkara ke-73 Tahun 2019 yang dihubungi Via telepon, Senin 7 September 2020.

Ketika ditanya, masalah Pemohon di Satpas SIM, Polresta Tangerang yang sudah selesai disuruh menunggu oleh Petugas dihalaman Mesjid, dan baris untuk mengambil SIM selanjutnya disuruh menulis buku, dengan alasan untuk mendata, dan diharuskan untuk Laminating dengan biaya Rp, 10, 000 akan di cek dan dipelajari dulu.

Berdasarkan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang, jenis dan tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) untuk penerbitan Sim, yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, sudah jelas tertera biaya bikin baru dan Perpanjangan.

Biaya Pembuatan SIM Baru.
Sim C Rp 100 ribu
Sim A Rp 120 ribu
Sim B Rp 120 ribu
Sim B1 Rp 120 ribu
Buaya Perpanjangan SIM
Sim C Rp 75.000.
Sim A Rp 80.000.
Sim B Rp 80.000.

Kolom tersebut diatas belum termasuk biaya Asuransi dan Psikotes untuk Kasatlantas Rp 25.000, Asuransi Rp, 30.000, dan ditambah biaya Psikotes Rp 100.000.

Baca Juga  MASYARAKAT CIPUTAT MENGADAKAN BUKBER DENGAN WALIKOTA TANGSEL

Sebelum Kombes Pol Edi Sumardi menutup pembicaraanya lewat teleponya, mengatakan Terimakash kepada Media “Iglobalnews.co.id ” dari hasil temuan dan Pantauan ditempat Satpas SIM, Polresta Tangerang, akan dijadikan sebagai bahan masukan untuk perbaikan pelayanan kepada masyarakat, dan akan segera dilaporkan ke Kapolresta Tangerang, katanya.

Pihak Polresta Tangerang dari bagian lalulintas, mengatakan, akan membuat bantahan atas pemberitaan yang sudah diterbitkan Iglobalnews.co.id.

Sampai berita ini di terbitkan untuk yang kedua kalinya pihak dari Kasatlantas belum ada tanggapan.

Baca juga : Diduga Pungli Satpas SIM Polresta Tangerang Merajalela.

Penulis : JP. Dasuha.

print

Berita Populer

To Top