Sulawesi Tengah

BPBD Morowali : 852 Jiwa Warga Desa Bente Terdampak Banjir

on

Ket poto 1.Kepala BPBD didampingi pihak terkait menyerahkan bantuan simbolis kepada pemdes Bente 2. Situasi banjir di desa bente pada minggu malam

Photo Kepala BPBD didampingi pihak terkait menyerahkan bantuan simbolis kepada pemdes Bente.

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – BPBD Morowali telah menerbitkan rilis data dampak banjir yang terjadi di Desa Bente kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali pada minggu malam 14 September 2020 kemarin.

Dalam Rilis tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Morowali Ismail Rasuna Mohammad,S.Pd merincikan jumlah warga dan bangunan yang terkena dampak banjir di Desa Bente Kecamatan Bungku Tengah.

Sebanyak 852 jiwa yang terdampak banjir mulai usia bayi, Balita hingga usia langsia.

Disebutkan pula bahwa ada sebanyak 100 unit bangunan yang terdampak diantaranya : rumah, kios /toko 8 unit ( RR) 62 unit 29 unit rumah terendam dan 30 meter jalan rusak, Kebun 10 Ha, Lahan 49,3 Ha, kolam ikan 0,3 Ha, Ternak 52 ekor dan Sandang (Pakaian,red) terbawa Banjirakibat tingginya air lokasi banjir dan derasnya aliran air, rincinya.

Ia menyebutkan, bahwa banjir di desa Bente akibat hujan yang mengguyur kecamatan Bungku tengah pada tanggal 13 september sejak pukul 21.00 hingga pukul 01:00 senin (tengah malam) mengakibatkan Sungai Pomonaa Desa Bente meluap dan naik hingga merendam Lahan dan pemukiman warga.

Ket poto 1.Kepala BPBD didampingi pihak terkait menyerahkan bantuan simbolis kepada pemdes Bente 2. Situasi banjir di desa bente pada minggu malam

Photo Situasi banjir di Desa Bente pada minggu malam.

Menurut Kepala BPBD Morowali bahwa pada hari senin Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dan Satuan Tugas (SATGAS) BPBD Morowali beserta Masyarakat telah meninjau lokasi titik terjadinya banjir di Dusun Kajukoo Desa Bente Kecamatan Bungku Tengah memberikan bantuan penanganan Evakuasi kepada korban yang terdampak banjir menggunakan Perahu Fiber, untuk mengurang dampak bencana pada korban.

Langka yang kami lakukan saat ini yakni melaporkan peristiwa ini kepada BPBD Provinsi Sulawesi Tengah, mendirikan Posko, menyalurkan bahan makanan pokok, dan pakaian, katanya.

Baca Juga  Teten Masduki: Presiden Minta Percepatan Investasi Terus Digenjot

Kepala BPBD Morowali juga menyebutkan bahwa rencana tindak lanjut atas peristiwa banjir tersebut akan dilakukan normalisasi sungai Pomonaa Dusun Kajukoo Desa Bente karena sudah mengalami pendangkalan, sebutnya kepada media pada Selasa, (15/9/2020).

Penyerahan bantuan sembako dilangsungkan secara simbolis dari kepala BPBD Morowali kepada kepala Desa Bente.

Peliput : Abd Rahman Tanra

print

About Media iGlobalNews

Media online iGlobalNews adalah media informasi dan inspirasi. Media iGlobalNews mengabarkan berita secara cepat, tepat, terpercaya dan memberikan sajian secara aktual, tajam dan kredibel.

Recommended for you