Jambi

AMPS Desak Inspektorat Audit Dana Desa dan Dana P2DK Desa Bukit Berantai

on


SAROLANGUN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Aliansi Masyarakat Peduli Sarolangun mengelar Aksi Demonstrasi di Halaman Kantor inspektorat Kabupaten Sarolangun, mereka mendesak pihak inspektorat agar segerah mengaudit Dana Desa (DD) dan dana P2DK Desa Bukit Berantai Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun Jambi, Senin (21/9/2020).

Koordinator aksi Julius dalam organisasinya mengatakan, jika ada temuan dari pihak APH sebesar 120 juta dari dana Program Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK) tahun anggaran 2019 yang lalu.

Menurut Julius temuan tersebut telah di bayar dengan cara bertahap namun ada dugaan pengembalian uang tersebut menggunakan DD tahun anggaran 2020, sebab pantauan para aktivis asal Kabupaten Sarolangun ini pengembaliannya menunggu pencairan DD tahun 2020.

Untuk itu AMPS meminta agar DD tahun 2020 Desa Bukit Berantai segerah di audit kembali.

” Kami meminta agar inspektorat ada ketegasan dalam hal ini,” kata Julius.

Selain itu AMPS meminta agar inspektorat agar bekerja sesuai dengan tupoksinya, jangan takut untuk memeriksa PJ Kades Bukit Berantai, karena AMPS ada dibelakang inspektorat untuk memberi dukungan.

Ada beberapa tuntutan tertulis AMPS yang dibacakan oleh koordinator aksi ada empat tuntutan yaitu :

1. Mempertanyakan atas pengembalian temuan dana P2DK tahun 2019 apakah sudah dikembalikan atau belum.

2. Mempertanyakan hasil pemeriksaan dana DD tahun 2019 Desa Bukit Berantai apakah ada temuan atau tidak atau belum melakukan pemeriksaan di lapangan DD tahun 2019, karena kami menduga pencairan tahap akhir DD ada penyalahgunaannya, seperti dana P2DK.

3. Meminta inspektorat mengaudit langsung penggunaan DD tahun 2020 yang telah cair, karena kami menduga ada penyelagunaan sala satunya pengembalian temuan dari APH dana P2DK tahun 2019.

Baca Juga  Wabup Sarolangun Menghadiri Sertijab Camat Pauh dan Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK

4. Jika terbukti ada temuan lagi dari dana DD tahun 2019 dan 2020 kami minta kepada inspektorat untuk merekomendasikan kepada Bapak Bupati Sarolangun, untuk memberhentikan PJ Kades Desa Bukit Berantai, kami menduga dia tidak mampu menjalankan tugasnya demi kepentingan masyarakat banyak.

AMPS mengancam akan terus melakukan aksi demo sampai tuntutan Mereka dikabulkan oleh Inspektorat Kabupaten Sarolangun.

Penulis : AR.

print

About Media iGlobalNews

Media online iGlobalNews adalah media informasi dan inspirasi. Media iGlobalNews mengabarkan berita secara cepat, tepat, terpercaya dan memberikan sajian secara aktual, tajam dan kredibel.

Recommended for you