Sulawesi Tengah

Wabup Morowali Bubuhkan Tanda Tangan Penolakan, PT GIU Terhempas dari Tudua

Wakil Bupati Morowali bubuhkan tanda tangan penolakan PT GIU

Photo Wakil Bupati Morowali bubuhkan tanda tangan penolakan PT GIU.

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – PT. GIU yang akan melakukan aktifitas pengolahan batu di Desa Todua Kecamantan Bungku Tengah Kabupaten Morowali ditolak oleh warga bahkan Wakil Bupati Morowali Dr.H. Najamudin juga turut serta membubuhkan tanda tangannya diatas kain putih sebagai simbol penolakan terhadap PT GIU.

Selain Wakil Bupati Morowali juga turut serta Kades Todua, Babinsa, Perangkat Desa dan Masyarakat Desa Todua, Selasa (11/8/2020).

Warga Desa Todua menyebutkan bahwa ,penolakan PT GIU didukung oleh Wakil Bupati Morowali dengan membubuhkan langsung tanda tangan diatas kain putih sebagai bentuk penolakan dan secara tegas menolak PT. GIU untuk ekploitasi tambang batu di area Desa Puungkoilu dan Desa Tudua kecamatan Bungku tengah.

Wakil Bupati juga menyatakan sikap, ikut membantu memperjuangkan dan menolak hak-hak tani merdeka, karena beberapa pertimbangan air bersih dan perkebunan warga Desa Tudua sampai di meja panas analisis Amdal nanti karena jika terjadi penambangan tersebut bisa merusak ekosistem air bersih dan perkebunan warga Desa Tudua, sebutnya.

“kami sebagai warga desa Todua menolak keras Penambangan batuan yang akan dilakukan oleh PT GIU.”

Pertimbangannya adalah : Wilayah Tudua adalah wilayah pesisir pantai putih yang sudah jarang ditemukan khusunya Kabupaten Morowali, 90% (persen) masyarakat Desa Tudua menggantungkan hidup dan mengandalkan hasil tani, seperti pala, cengkeh, jambu mente, dan coklat.

“Bahkan serta sumber air bersih dari area gunung tersebut.”

Kawasan hutan di Tudua masih mempunyai hewan endemik, yang masih berkeliaran di hutan Kabupaten Morowali, pungkasnya.

Peliput : Abd Rahman Tanra.

print

Berita Populer

To Top