Narkotika

Polres Pringsewu Amankan 18 Tersangka Pengguna dan Penjual Narkotika


PRINGSEWU, IGLOBALNEWS.CO.ID – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Pringsewu berhasil menangkap 18 orang pelaku penyalahguna dan peredaran gelap Narkotika dari 15 lokasi berbeda dalam jangka waktu dua hari.

Dalam perkara penyalahgunaan narkotika jenis sabu sebanyak 14 orang pelaku sedangkan sisanya 4 orang pelaku dalam perkara penyalahgunaan narkotika jenis ganja.

Mirisnya 2 dari 18 pelaku yang berhasil di tangkap tersebut berasal dari satu keluarga yang bersetatus anak dan bapak yaitu SBA dan AK. serta adanya seorang wanita yaitu ST als Tini.

Adapun 18 pelaku yang berhasil tangkap tersebut diantaranya AS (48) RH (46), JS als Kevin (27), BP (32), SH als Adam (25), RA als Toni (36), DA als Mugen (25), DD (24), ST als Tini (40), HK (44), AAW (21), DBR (34), MA als Odoi (44), DA (23), AK (57), SBA (25), HS als Hasan (39) dan IN (40).

Kasat Narkoba Iptu Dedi Wahyudi mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri menyatakan bahwa jajaran Sat Narkoba Polres Pringsewu telah berhasil mengamankan 18 orang terduga pelaku penyalahguna narkotika jenis sabu dan ganja.

“Ke 18 pelaku tersebut kami lakukan penangkapan pada tanggal 3-4 Juli 2020 di 15 lokasi berbeda,” ujarnya. Kamis (09/07/2020).

Kasat Narkoba menerangkan bahwa penangkapan ke 18 pelaku tersebut merupakan tindak lanjut atas adanya laporan informasi dari warga masyarakat yang masuk kepada petugas, serta pengembangan dari pelaku yang telah dilakukan penangkapan sebelumnya.

“Dari 18 pelaku tersebut 9 pelaku berdomisili di wilayah Kecamatan Pringsewu, 4 pelaku domisili Kecamatan Gadingrejo, 2 pelaku domisili di Kecamatan Ambarawa, 1 pelaku berdomisili di Kecamatan Pardasuka dan 1 pelaku domisili Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan,” terang Iptu Dedi Junaidi.

Baca Juga  Seorang Wanita Tewas Gantung Diri di Pohon Coklat

Dedi Junaidi menambahkan dari hasil penangkapan turut diamankan sejumlah barang bukti diantaranya 6.06 gram sabu, 14 gram daun ganja kering, 6 buah alat hisap sabu dan 10 unit HP serta kaca pirek dan plastik bekas pakai dan setelah dilakukan tes urin, hasil tes positif mengandung zat MET Methamphetamin/sabu dan zat THC Tetrahidrokanabinol/ganja.

“Dari hasil pemeriksaan sementara untuk 18 pelaku tersebut statusnya hanya sebatas sebagai pengguna, baik sabu maupun ganja, saat ini semua pelaku sudah kami amankan di mako Polres Pringsewu dan sedang kami kembangkan dari mana barang haram tersebut didapat oleh masing-masing pelaku,” sambungnya.

Untuk proses hukum selanjutnya terhadap para pelaku dijerat dengan pasal 112 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Penulis : Sumantri.

print

Berita Populer

To Top