kriminal

Oknum PNS di Kota Tangerang Tipu Korbannya Jutaan Rupiah, Akhirnya Masuk Bui


TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – DR pria bersatatus Pegawai Negri Sipil di salah satu instansi pemerintahan Kota Tangerang. Akhirnya kena batunya. DR kini harus mendekam dalam Rumah tahanan (Rutan) Polres Metro Tangerang Kota dan statusnya sebagai PNS terancam dipecat akibat perbuatanya menipu 27 orang korbanya dengan modus mengiming-imingi korbanya diterima sebagai PNS.

Hal tersebut diungkap Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol.Sugeng Hariyanto,S.I.K., M.Hum dalam Acara Konfrensi Pers di halaman Polres Metro Kota Tangerang, Jumat (3/7/2020).

“Pelaku berinisial DR oknum PNS di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangerang. Pelaku mengaku sudah melakukan Aksinya dari tahun 2018. Dari pengakuan pelaku, Korbannya ada sebanyak 27 orang. Dari aksinya tersebut pelaku berhasil meraup uang dengan total Rp.600 juta rupiah,” terang Kapolres saat memulai keterangan Pers.

Peristiwa ini bermula ketika Korban bernama Mistar bertemu pelaku di tahun 2018 lalu. Dalam obrolan tersebut pelaku menawarkan korban untuk memasukan anak Korban sebagai PNS. Mendengar ucapan pelaku, korbanpun tertarik. Kemudian pelaku meminta uang sebagai pelicin sebesar Rp.100 juta kepada korban.

Namun angka tersebut masih ditawar oleh korban hingga keduanya sepakat diangka 80 juta rupiah yang langsung diserahkan kepada pelaku dengan iming-iming, jangka 3 bulan kedepan akan keluar SK pengangkatan anak korban sebagai PNS.
Singkat cerita, setelah waktu berjalan tiga bulan, korban menanyakan pelaku terkait hasil penerimaan PNS anak Korban.

Namun pelaku berdalih bahwa anak korban sudah lolos PNS karena sudah diumumkan melalui Email ke anak korban. Bahkan untuk lebih meyakinkan lagi, korbannya disuruh membeli seragam lengkap PNS untuk persiapan acara pengangkatan.

“Untuk meyakinkan Korbanya, Pelaku DR mengirim email palsu dan di suruh membeli baju dinas PNS untuk meyakini korban seakan anak korban tersebut memang lolos sebagai PNS,” lanjut Kapolres.

Baca Juga  Lima Pelajar di Tangerang Divonis 1 Tahun Karena Tawuran

Karena curiga akhirnya korban melaporkan sepak terjang DR ke Polrestro Tangerang Kota atas dugaan penipuan.

“Korban curiga dan akhirnya melapor ke Polisi. Kemudian langsung kita adakan pencarian. Pelaku akhirnya berhasil kami amankan saat sedang berada di tempat korban yang lain di Daerah kedaung, Neglasari,” kata kapolres.

Pelaku dan Barang Bukti (BB) berupa tujuh lembar kwitansi penyerahan uang, seperangkat baju seragam PNS, Surat tanda kelulusan dan bukti transfer atas nama DR kini diamankan Unit Reskrim Polres Metro Tangerang.

“Pelaku untuk sementara dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan. Nanti kita liat perkembangan selanjutnya,” tutup kapolres.

Penulis : Hms/Jfr.

print

Berita Populer

To Top