Sumatera Utara

Kejari Belawan Terima Limpahan Penyidik Tipikor Polres Kasus OTT Kepala UPT Dinas PU Kota Medan


BELAWAN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Kejaksaan Negeri (Kejari) Belawan menerima pelimpahan tahap dua berkas perkara pungutan liar (pungli) dana buruh yang bekerja pada UPT Wilayah Medan Utara Dinas PU Kota Medan dari Penyidik Tipikor Polres Belawan, Selasa (21/07/2020).

“Iya benar, kita ada menerima pelimpahan berkas dan tersangka kasus pungli dari Penyidik Tipikor Polres Belawan,” ucap Kajari Belawan Ikeu Bachtiar SH, MH melalui Kasipidsus Arif Kadarman SH.

Adapun tersangka yang dilimpahkan adalah Kepala Kantor UPT Wilayah Medan Utara Dinas PU Medan, Nusiruan ST.

“Berkas kasus ini sudah dinyatakan lengkap sekitar sebulan yang lalu. Nah, pasca pelimpahan tahap dua ini sesegera mungkin akan kita limpahkan ke Pengadilan Negeri Tipikor Medan untuk disidangkan,” bilang Arif.

Dijelaskannya, tersangka ditangkap Polres Belawan dalam operasi tangkap tangan (OTT) diKantor UPT Wilayah Medan Utara Dinas PU Medan di Jalan Yos Sudarso KM 19,5 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan.

OTT terkait pungutan liar yang dilakukan tersangka dengan cara meminta uang sebesar Rp 1 juta kepada buruh yang bekerja di UPT Wilayah Medan Utara pada Dinas PU Medan.

“Nusiruan ditangkap Polres Belawan dalam operasi tangkap tangan terkait pungli dengan BB 19 juta. Modusnya, meminta uang sebesar 1 juta kepada setiap buruh yang bekerja di kantornya,” urainya.

Kasipidsus melanjutkan, oleh Penyidik Tipikor Polres Belawan, tersangka dijerat dengan Pasal 12 huruf e UU No 31 Tahun 1999 Jo UU No. 20 Tahun 2001 tentang perubahan UU No. 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Tersangka ditahan dan saat ini kita titip di Rutan Polres Belawan,” pungkas mantan Kasi Intel Kejari Tanah Karo itu.

Baca Juga  Berstatus DPO dan Residivis, Sobar Kembali Terjerat Kasus Narkoba Jenis Sabu

Penulis : Udin.

print

Berita Populer

To Top