kriminal

Kades Lengkong Kulon Kabupaten Tangerang Jadi Mafia Tanah, Sekarang Dipenjara

Sumber poto Polres Metro Jakarta Utara

Sumber poto Polres Metro Jakarta Utara.

JAKARTA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Polres Metro Jakarta Utara berhasil mengamankan tersangka MP yang merupakan Kepala Desa (Kades) Lengkong Kulon Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang

Tersangka utama MP diringkus lantaran sudah memalsukan 22 Akta Jual Beli (AJB) Tanah senilai Rp. 5,5 Milyar, yang dijualnya kepada Bambang Sutejo Hani (44) tahun.

Wakapolres Jakarta Utara, AKBP Aries Fadillah, mengatakan pelaku dalam aksinya menyebutkan dirinya memiliki sebuah tanah hibah milik keluarga yang sebenarnya fiktif, kemudian ditawarkan kepada Bambang Sutejo Hani (44) tahun yang berdomisili di Sunter.

“Dikarenakan MP sebagai Kades, dalam penerbitan obyek tanah dibantu juga oleh beberapa orang lain yakni W, S, dan R sebagai peran pembantu dalam proses pembuatan AJB. Mereka ini ada yang PNS, ada staf dari pejabat pembuat Akta tanah di daerah tersebut,” ujar Wakapolres Jakarta Utara, Kamis (9/7/2020).

Adapun uang hasil pembayaran tanah dari Bambang Sutejo Hani (44) yang dibayarkan secara bertahap,MP mengaku sudah ia belikan mobil, rumah, dan tanah.

Sumber poto Polres Metro Jakarta Utara

Sumber poto Polres Metro Jakarta Utara.

Sementara barang bukti tersebut sudah diamankan polisi beserta 22 AJB palsu atau fiktif, beserta komputer dan alat cetak.

“Saya memalsukan tanda tangan pak Camat dengan luas tanah dua hektare lebih, saya khilaf. Untuk pengurusan akte jual beli dan biaya sengketa itu saya sudah menerima uang sebanyak Rp. 5 Milyar dari Korban,” kata Pelaku MP.

Untuk meyakinkan korban, pada saat transaksi MP pun menyertakan bukti- bukti pembayaran dalam proses pembuatan AJB tersebut.

Meskipun dalam pembelian tanah ini obyeknya berada di Kabupaten Tangerang, namun transaksi dilakukan di wilayah hukum Jakarta Utara, sehingga kasus ini ditangani oleh unit Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara.

Baca Juga  LBH SITUMEANG : Kejahatan Seksual Terhadap Anak Sudah Memprihatinkan

Dengan apa yang sudah dilakukan para tersangka MP beserta ketiga rekannya dijerat pasal 263 ayat (1) dan (2) KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 6 tahun.

Penulis : Rd.

print

Berita Populer

To Top