Sumatera Selatan

Bareng Perusahaan, Kecamatan Bayung Lencir Fasilitasi Warga Rapid Tes Gratis

on


MUBA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 di Musi Banyuasin terus berjalan maksimal. Kali ini, Pemerintah Kecamatan Bayung Lencir menggandeng sejumlah perusahaan guna menggelar rapid test massal secara gratis untuk warga.

“Sesuai arahan Bupati Musi Banyuasin Bapak Dodi Reza Alex Noerdin, semua pihak diminta terlibat aktif bersinergi untuk melayani masyarakat agar terhindar dari sebaran Covid-19, sehingga langkah menuju new normal life dapat disiapkan dengan baik,” ujar Camat Bayung Lencir, M Imron, Rabu (15/7/2020).

Rapid test massal ini, sambung Imron menggandeng PT Manggala Alam Lestari (MAL) dan PT Buana Bara Ekapratama (BBE) dengan pelaksana kegiatan tenaga kesehatan dari Puskesmas Bayung Lencir yang diadakan di Gedung Sehat setempat.

“Kita diberikan 720 pcs alat rapid test dari Dinas Kesehatan, lalu mendapat tambahan 800 pcs alat rapid test dari PT MAL dan PT BEE. Jadi total alat rapid test untuk screening dan rapid ODP dan OTG di Kecamatan Bayung Lencir berjumlah 1.520 pcs,” beber dia.

Meski begitu, lanjut Imron, pihaknya tetap menjalankan sosialisasi kepada masyarakat untuk disiplin mematuhi Protokes yang telah diarahkan pemerintah seperti wajib masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, dan selalu menjaga imunitas agar tetap sehat.

“Dengan upaya yang kita lakukan ini diharapkan Bayung Lencir dapat terbebas dari wabah Covid-19 dan mempertahankan status zona hijau yang sudah bertahan hampir 3 minggu ini,” harapnya.

Kepala Puskesmas Bayung Lencir Yusrizal mengatakan jumlah screening yang telah dilakukan sebanyak 742 orang tersebar di beberapa desa, kegiatan itu masih terus dilakukan.

“Sejauh ini hasilnya masih bagus- bagus saja, dari 742 orang yang dilakukan screening, terdapat 9 orang yang hasil rafid testnya reaktif dan telah kami dilakukan tindakan pemeriksaan lanjutan yaitu Swab TCM dan Swab PCR dan hasilnya negatif semua. Semoga rapid test massalini dan beberapa hari kedepan hasilnya juga baik,” terang dia.

Baca Juga  Wujudkan Smart Journalis, PWI Muba MOU STIH Rahmaniyah

Terpisah, Head of Strategic External Relation Departement PT MAL Agus Karyawan, diwakili KTT PT MAL Patmoko Basuki, mengatakan pihaknya berterimakasih atas kepercayaan dengan memberikan kesempatan PT MAL untuk terlibat dalam berkontribusi sosial ke masyarakat Bayung Lencir.

“Kami dari PT MAL dan PT BBE merasa bersyukur atas kesempatan yang diberikan kepada kami sehingga kami bersama dengan subkontraktor yaitu PT BSE, PT TBU dan PT TPE dapat memberikan kontribusi dalam memutus mata rantai Covid-19 di Kab Muba khususnya di Bayung Lencir,” tandas dia.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Lic Econ MBA mengingatkan warga Muba untuk selalu menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat. “Tetap pakai masker saat berada di luar ruangan dan selalu mencuci tangan dengan sabun,” urainya.

Dikatakan, Pemkab Muba bersama stakeholder dan berbagai elemen akan terus maksimal dalam upaya pencegahan dan penanganan wabah Covid-19. “Kita doakan agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan warga bisa menjalankan aktifitas dengan kembali normal,” pungkasnya.

Penulis : Hms/Rohmadi.

print

About Media iGlobalNews

Media online iGlobalNews adalah media informasi dan inspirasi. Media iGlobalNews mengabarkan berita secara cepat, tepat, terpercaya dan memberikan sajian secara aktual, tajam dan kredibel.

Recommended for you