Sulawesi Tengah

Aliansi Mahasiswa Morowali Menuntut Unjuk Rasa

on

Poto : 1.AMM- M saat unjuk rasa di depan kantor Bupati Morowali 2. Bupati morowali menerima mahasiswa di kantor Bupati

Photo Bupati Morowali menerima mahasiswa di kantor Bupati.

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Morowali Menuntut (AMM-M) menggelar aksi unjuk rasa didepan halaman kanto Bupati Morowali pada Selasa (21/7/2020).

Amrin selaku Korlap mewakili Mahasiswa Morowali menyampaikan aspirasinya mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yaitu :
1.Meninjau kembali ketentuan bantuan mahasiswa
2. Perbaikan Pembangunan asrama mahasiswa (putra – putri) yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta, Sulawesi selatan, Sulawesi tenggara dan di Sulawesi tengah.
3. Memperhatikan kondisi kampus PSDKU Untad.

Selain itu mahasiswa juga mempertanyakan peraturan Bupati Morowali tentang bantuan biaya pendidikan kurang mampu dan berprestasi.

Menurut mahasiswa Perbup Tersebut realisasinya berbelit belit dan memberatkan bagi mahasiswa terkait kelengkapan berkas dan mengsyaratkan Standar IPK yang tinggi yakni 3.50.

Ironisnya lagi, salah satu kampus yang ada di Kabupaten Morowali yakni PSDKU Untad Morowali yang merupakan cabang kampus utama Untad kurang diperhatikan oleh Pemkab Morowali.

Menurut Mahasiswa, salah satu faktor peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing dimulai dari peningkatan kualitas pendidikan.

Poto : 1.AMM- M saat unjuk rasa di depan kantor Bupati Morowali 2. Bupati morowali menerima mahasiswa di kantor Bupati

Photo AMM- M saat unjuk rasa di depan kantor Bupati Morowali.

Olehnya sektor pendidikan di morowali harus diperhatikan dengan serius oleh Pemerintah Kabupaten Morowali demi memperbaiki bibit bibit penerus bangsa terutama adanya wacana terkait bonus demografi di tahun 2030 mendatang.

Pemerintah seharusnya mempersiapkan sistem pendidikan dengan baik yang telah diatur dalam undang undang dasar tahun 1945 pasal 31 ayat 1dan 2 yang berbunyi. ” Bahwa setiap warga negara indonesia wajib mendapatkan pendidikan dan pemerintah wajib membiayainya.

Namun menurut mahasiswa Morowali terkait amanah undang undang tersebut realitasnya justru terbalik.

Persoalan lahan kampus PSDKU – Untad juga menjadi aspirasi mahasiswa dikarenakan lahan kampus tersebut masih di klaim oleh dua pihak yaitu pihak kampus dan masyarakat.

Baca Juga  Bupati Morowali Tegaskan, Isu TKA Demo di Morowali Hoaks

Para mahasiswa ditemui oleh Bupati Morowali Dra.Taslim didampingi Kepala Dinas Pendidikan Daerah dan para Asisten dan Kepala Badan Kesbangpol di ruangan SDM kantor Bupati dan dilangsungkan dialog antara mahasiswa dengan Bupati Morowali terkait aspirasi yang disampaikan melalui unjuk rasa.

Pengamanan Aksi unjuk rasa dari Polres Morowali melibatkan puluhan personil Polres dan Satuan Pol PP.

Peliput : Abd Rahman Tanra.

print

About Media iGlobalNews

Media online iGlobalNews adalah media informasi dan inspirasi. Media iGlobalNews mengabarkan berita secara cepat, tepat, terpercaya dan memberikan sajian secara aktual, tajam dan kredibel.

Recommended for you