Serang

Petani Kelurahan Dalung Cipocok Terima Manfaat Program P3-TGAI dari Pemerintah


SERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Program Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) link jagarayu Kelurahan Dalung Kecamatan Cipocok Kota Serang di terima manfaatnya dengan baik oleh petani. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kampung Jagarayu RT 03 RW 02 yang diketua’i oleh Ketua, jahari, Seretaris, jamaludin, Bendahara, Damiri.

Jahari ketua P3A Tunas Dalung Mandiri (TDM) mengungkapkan, untuk saluran irigasi dengan panjang Volume Rab, 140,35 m³. Alhamdulillah hasil swadaya masyarakat yang sangat antusias dalam kegiatan pembangunan irigasi tersebut sehingga dapat membangun dengan melebihi Volume 10,44m³ jadi total yang terpasang yaitu 150,8 m³, dengan tujuan untuk memperlancar pengairan atau saluran sehingga petani merasa nyaman, kalau musim hujan tidak merasa ketakutan ada banjir, untuk jalannya saluran pengairan lebih mudah dan tidak sulit, ujarnya di lokasi kegiatan.

Siti Khoiriah, S.Pd dengan sapaan akrab Aroh selaku Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM), yang kebetulan ada di lokasi menyampaikan, kegiatan infrastruktur berbasis Masyarakat ini. P3TGAI sendiri adalah satu program infrastruktur dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) program ini melibatkan masyarakat secara langsung melalui pembangunan irigasi kecil di bawah 150 hektar dengan melibatkan langsung Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) yang bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan masyarakat, tuturny Pada awak media.

Di tempat yang berbeda Lurah Dalung, Samsudin, S.sos Msi, menambahkan P3-TGAI dianggarkan dari dana APBN, melalui Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau, Ciujung-Cidurian dengan anggaran, Rp.195 juta.

“Secara pribadi saya selaku Ketua P3A dan mewakili petani di Desa ini, kedepannya saluran air/irigasi untuk yang lain, bagi belum diperbaiki mohon untuk diperhatikan, tahun yang akan datang dapat melaksanakan kembali dan saya sampaikan terima kasih kepada pemerintah,” pungkas Jahari, Rabu (24/06/2020).

Baca Juga  Cerita dari Dapur Umum : Sinergi TNI-POLRI dan Relawan

Penulis : Red/Roni.

print

Berita Populer

To Top