Lombok

Menjawab Aksi Massa Beberapa Waktu Lalu, Begini Klarifikasi Kades Gelora

Kades Desa Gelora, Nursamat

Photo Kapala Desa Gelora, Nursamat.

LOMBOK TIMUR, IGLOBALNEWS.CO.ID – Menindaklanjuti aksi demo yang digelar oleh Aliansi Masyarakat Gelora Menggungat (AMGM) Desa Gelora, Kecamatan Sikur beberapa waktu lalu, yang menuntut transparansi Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

Adapun tuntutan dari massa aksi tersebut, terkait permasalahan data penerima Jaring Pengaman Sosial (JPS) di Desa Gelora yang menuntut adanya transparansi dalam pengalokasian JPS tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Kades Gelora, Nursamat memberi klarifikasi pada awak media pada jumpa Pers yang digelar di Meicenggo Masbagik, pada, Senin (01/06/2020).

Dalam penjelasannya, Nursamat menyampaikan bahwa pembagian JPS yang dilakukan oleh Pemdes Desa Gelora sudah sesuai dengan Protap pembagian untuk masyarakat terdampak pandemi.

Menurutnya, pembagian JPS Desa Gelora telah lakukan sesuai protap yang ada. Hingga saat ini Pemdes Gelora telah menyalurkan sebanyak 2500 Kepala Keluarga JPS tersebut, baik bantuan dari Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten.

Lebih jauh disampaikan Nursamat, bahwa data penerima JPS yang diminta massa aksi, belum diberikan karena jajarannya masih melakukan validasi.

“Validasi merupakan proses penting yang harus kami dilakukan guna menghindari penerima bantuan ganda, karena data belum rampung kami tidak memberikan datanya,” beber Nursamat pada awak media.

Ia menambahkan, sebenarnya aksi demonstasi tersebut harusnya tidak perlu dilakukan, karena sebelumnya, jajaran Pemdes Gelora telah mengundang seluruh Kepala Kewilayahan, BPD termasuk beberapa perwakilan dari massa aksi maupin KarangTaruna setempat untuk membahas hal tersebut. Namun, niat baik tersebut tidak diindahkan sama sekali.

“Pihak kami telah memanggil karang taruna untuk melakukan klarifikasi terhadap persoalan tersebut, kita suruh mereka hadir, namun tidak kunjung hadir,” jelasnya.

Mengakhiri komentarnya, Nursamat menyampaikan, bahwa aksi demo tersebut menjadi motivasi dan pelajaran berharga. Khususnya Pemdes Gelora untuk mengambil kebijakan lebih baik lagi kedepannya.

Baca Juga  LSM SMS Laporkan Oknum Kepala Dusun, Begini Tanggapan Kades Gereneng

Reporter : Jhon

print

Berita Populer

To Top