Lombok

LSM SMS Laporkan Oknum Kepala Dusun, Begini Tanggapan Kades Gereneng


LOMBOK TIMUR, IGLOBALNEWS.CO.ID – Lembaga Swadaya Masyarakat Serikat Masyarakat Selatan (LSM SMS) bersama beberapa warga Desa Gereneng Kecamatan Sakra Timur, mendatangi Kejaksaan Negeri Selong, Selasa (23/06/2020).

Ketua Serikat Masyarakat Selatan Sayadi,SH didepan awak media menjelaskan, bahwa maksud kedatangannya Hearing di gedung Adhiyaksa tersebut adalah mengawal aspirasi warga terkait pemotongan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang diduga dilakukan oleh salah satu oknum Kepala Dusun (Kadus) di Desa Gereneng.

Bukan itu saja, terang Sayadi, oknum Kadus tersebut melakukan pemotongan dana BST sebesar Rp.100 s/d 200 ribu perorang. Bahkan adapula warga yang telah mendapatkan kupon namun tidak mendapatkan bantuan. Bukan itu saja, tidak sedikit pula warga yang belum mendapatkan bantuan tersebut, tegasnya.

“Maksud kedatangan kami di Gedung Adhiyaksa ini, adalah mengawal aspirasi dan hak para warga, dan kami berharap, semoga pihak kejaksaan bisa memanggil oknum kadus dan aparatur desa setempat terhadap laporan kami ini,” tegas aktifis senior tersebut.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris SMS Mudarman, mendorong pihak Kejaksaan untuk memanggil para pihak terhadap laporannya itu.

Menjawab aspirasi warga pada hearing tersebut, Kajari Selong melalui Kasi intel Iwan Soehendra didampingi Kasi Datun Yuza Juliarto, menjelaskan bahwa pihaknya akan segera memanggil para pihak
yang dimaksud untuk dimintai keterangan terkait aduan warga tersebut.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Gereneng Budiharlin, dikonfirmasi iglobalnews melalui telpon selulernya menjelaskan bahwa pemicunya adalah, adanya nama penerima yang ganda, satu kepala keluarga bahkan mendapatkan bantuan ganda, ucapnya.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya telah melakukan tindakan tegas dengan menonaktifkan oknum Kadus dimaksud untuk meredam kisruh yang terjadi. Bukan itu saja terkait tentang bantuan BST bagi warga yang belum mendapatkan bantuan, pihaknya telah konfirmasi pihak Pemda Lotim melalui Dinas PMD melalui by name, by adress.

Baca Juga  Pemkab Lotim, Tanjung Jabung Timur dan Seameo Recfon Kolaborasi Turunkan Stunting

“Sejauh ini, kita tinggal menunggu keputusan Bupati semoga permohonan anggaran yang kita usulkan untuk warga penerima bantuan, bisa terealisasi,” harapnya.

Reporter : Jhon.

print

Berita Populer

To Top