Sulawesi Tengah

Kemensos RI Salurkan Bantuan Progres LU Melalui LKS Tepeasa Moroso Kepada 55 Lansia di Morowali

Dinsos Morowali, salurkan bantuan Kemensos RI kepada Ketua LKS LU Tepeasa Moroso Kabupaten Morowali secara simbolis

Photo Dinsos Morowali, salurkan bantuan Kemensos RI kepada Ketua LKS LU Tepeasa Moroso Kabupaten Morowali secara simbolis. (Dok.Abd Rahman Tanra).

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Bantuan Sosial Program rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres LU) 2020 yang diterima dari Kementerian Sosial RI melalui Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Minaula Kendari (LRS LU Minaula) Kepada 55 Lansia yang ada di Kabupaten Morowali sulawesi tengah.

Bantuan tersebut telah melalui seleksi dan verifikasi langsung untuk memastikan lansia Penerima Bantuan tersebut sesuai dengan kriteria antara lain, belum atau tidak pernah mendapatkan bantuan lain dari Pemerintah baik PKH, BNPT yang sudah mencapai usia 60 tahun, potensial dan non potensial serta terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan sosial (DTKS).

Penyerahan Bantuan secara simbolis diserahkan langsung oleh kepala Dinas Sosial Kabupaten Morowali, Mursalim Samuda kepada Ketua LKS LU Tepeasa Moroso Kabupaten Morowali diruang kerjanya.

Kepala Dinas Sosial kabupaten morowali menuturkan, “Bantuan ini sangat bermanfaat dan membantu masyarakat lanjut usia di tengah-tengah mewabahnya pandemi virus corona karena lansia juga ikut merasakan dampak dari adanya wabah Covid-19 di Kabupaten Morowali,” tuturnya.

Semoga apa yang kita lakukan bisa meningkatkan dan membangun kelangsungan hidup lansia. Harap Mursalim Samuda saat usai penyerahan bantuan secara simbolis pada jumat 24 Mei 2020 di ruang kerjanya.

Usai dilakukan penyerahan bantuan, pengurus LKS dibantu 5 (Lima) orang pendamping Lansia langsung bergerak cepat mengunjungi lansia PPKS (Pemerlu, Pelayanan, dan Kesejahteraan Sosial) untuk mendistribusikan bantuan Progres LU tersebut kepada para lansia yang sudah di tetapkan sebagai penerima manfaat.

Sementara itu ketua LKS LU Tepeasa Moroso Mustan menerangkan, ‘’Penyaluran Progres LU dari Kemensos RI ini dilaksanakan oleh Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Minaula Kendari (LRSLU Minaula) pada tahun 2020 yang kemudian pendistribusiannya kepada lansia di salurkan melalui LKS LU Tepeasa Moroso yang merupakan lembaga yang berkonsentrasi dalam penanganan lansia”, terang Mustang kepada media ini pada jumat , (05/06/2020) di Bungku.

Baca Juga  DPD Partai NasDem Morowali Serempak Bagikan Masker

Ketua LKS Tepeasa Moroso juga mengatakan, ” bahwa bantuan tersebut dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan dasar lansia dan pengembangan usaha,” katanya.

Bantuan ini mencakup 3 (tiga) komponen bansos (bantuan sosial) yaitu bantuan bertujuan (bantuan LU), dukungan keluarga dan perawatan sosial terapi dengan rincian bantuan LU senilai Rp.1,5 juta
dukungan keluarga Rp.500 ribu dan perawatan sosial/terapi Rp.700 ribu, rincinya.

Bantuan ini disalurkan dua tahap. Tahap pertama bulan April dan kemudian tahap kedua dibulan Mei hingga penyerahannya telah selesai dilaksanakan, kata dia.

Sementara itu, Nasirah salah satu Lansia Non Potensial penerima Progres LU itu mengatakan, dirinya sangat berterima kasih kepada Kemensos, Minaula Kendari dan LKS Tepeasa Moroso yang sudah peduli dengan kehidupannya.

Saya sangat senang sekali dan terima kasih banyak atas bantuannya pak, sebelumnya belum ada bantuan yang datang, tak pernah disentuh pihak terkait,(pemerintah red). Ungkapnya dengan raut wajah tak kuasa menahan haru dan bahagia ketika pekerja sosial pendamping LKS LU Tepeasa Moroso datang di rumahnya, menyalurkan bantuan Progres LU.

Ditempat yang terpisah, Siti Sarah salah satu lansia potensial yang menerima bantuan sangat terharu dan bahagia saat melihat bantuan yang diterimannya ditengah-tengah wabah Covid-19.

“ Terima kasih Kemensos, terima kasih Minaula Kendari, dan terima kasih LKS Tepeasa Moroso yang telah membantu untuk pengembangan usaha saya,” pungkas Siti Sarah saat menerima bantuan.

Peliput : Abd Rahman Tanra.

print

Berita Populer

To Top