Serang

Kebut Pelaksanaan Program Strategis Nasional, BPN Banten Ganti Rugi Proyek Jalan Tol Serpong-Cinere


SERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Program Strategis Nasional (PSN) Pembangunan Proyek Jalan Tol Sepong-Cinere berjalan terus demi mendorong peningkatan perekonomian serta menciptakan lapangan pekerjaan baru. Kantor Pertanahan Kota  Tangerang Selatan sebagai Tim Pelaksana Pengadaan Tanah bersama TPT PUPR,  Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan sebagai Jaksa Pengacara Negara, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Jabar Banten (BJB) kembali melakukan pembayaran ganti rugi lahan warga yang terdampak Proyek Jalan Tol Serpong-Cinere. Ditengah Pandemi Covid-19 tak menyurutkan langkah jajaran Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten untuk merealisasikan Program Strategis Nasional tersebut.

Kegiatan dilaksanankan di Hotel Grand Zuri Kota Tangerang Selatan, Kamis (25/06/2020) Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan melakukan pembayaran uang ganti rugi untuk yang kesekian kalinya kepada masyarakat yang lahannya akan dipakai untuk pembangunan Jalan Tol  Serpong-Cinere meliputi 16 bidang diantaranya terletak di Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Pamulang dan kelurahan Jombang, Kelurahan Sarua dan Kelurahan Sarua Indah Kecamatan Ciputat dengan total luas 1.077 meter persegi dan uang ganti rugi  senilai Rp.8.5 Miliar.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan, Himsar mengatakan, UGK senilai Rp8.5 Miliar tersebut diserahkan kepada masyarakat yang terkena dampak Proyek Pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere “Dengan diterimanya uang ganti kerugian saya berpesan, agar uang ganti rugi ini digunakan secara bijak.  Untuk hal-hal produktif dan bermanfaat. Uang ini juga bisa digunakan untuk usaha. Sehingga dapat menimbulkan pergerakan ekonomi ke arah yang lebih baik,” ujar Himsar.

Selanjutnya Himsar juga berpesan kepada masyarakat penerima UGK agar menyelesaikan tagihan atas kewajiban yang harus dibayarkan seperti tagihan listrik dan telepon agar tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

Sementara itu, Kasi  Pengadaan Tanah, Susyono yang didampingi oleh Kasubsi Pemanfaatan Tanah Pemerintah dan Penilai Tanah pada Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan, Dewi Sumirat menyampaikan bahwa progres pembebasan lahan pembangunan Tol  Serpong-Cinere Seksi I, sampai saat ini telah mencapai 91% (Persen) dari total bidang seluruhnya sebanyak 2.349 bidang dengan luas 70,05 Ha dan tersisa 202 bidang seluas 4.38 ha yang dijadwalkan pembayaran pada waktu yang akan datang, sehinggga target  bulan Oktober 2020 Proyek Tol Serpong-Cenere Seksi I dapat terwujud.

Baca Juga  Sejumlah PNS Pemkot Serang Mangkir Kerja

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Susyono, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PUPR Proyek Pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere, Muhamad Fajri Lukman menambahkan, “Progres pembebasan lahan Proyek Pembangunan Jalan Tol  Serpong-Cinere berjalan sesuai dengan jadwal, InsyaAllah target bulan Oktober 2020 jalan Tol Serpong-Cinere Seksi I,  terealisasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan walau ditengah badai Covid-19 proses pengadaan lahan ini berjalan dengan sangat baik, ” ujar Muhamad Fajri Lukman.

Penulis : Hms/Red.

print

Berita Populer

To Top