kriminal

Polsek Panongan Tangkap Dua Pelaku Congkel ATM Kawasan Citra Raya


TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Banyak cara Pelaku Kejahatan melakukan Aksi Kriminal di masa Pandemic Covid-19 selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penjahat Kambuhan yang baru satu bulan lalu keluar dari penjara berjumlah 2 Orang Tersangka (TSK) melakukan aksi Kriminal pencurian dengan modus baru “Congkel ATM” pada hari Selasa, (26/05/2020) sekira jam 12:30 WIB, di lokasi TKP Perumahan Citra Raya Ruko Rembrant di salah satu Mesin ATM BRI Indomaret Desa Ciakar Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang pada saat Piket Reskrim dan Binamas Desa Ciakar Sedang Patroli.

Diketahui, 2 orang TSK pencurian sudah melakukan aksi sebanyak tiga kali di lokasi mesin ATM yang sama di Ruko Rembrant Kawasan hunian Perumahan Citra Raya.

” Tersangka berinisial N dan F ini berasal dari Lampung. Pertama kali hari Senin, (25/05/2020) sebanyak dua kali pagi dan siang. Selanjutnya dihari Selasa, (26/5/2020) satu kali lagi. Total tiga kali pengambilan dalam 2 hari berturut-turut,” terang Kapolsek Panongan AKP. H.Nana Supriatna, SH, MH saat Pers Release dihadapan awak media.

H.Nana menambahkan, untuk modus operandinya, membuat rekening BRI dan Kartu ATM Britama sebulan yang lalu dengan saldo sebesar Rp.3 Juta atas nama istrinya.

” Pada hari Senin, TSK mulai melakukan aksinya dengan memasukan kartu ATM tersebut menekan PIN untuk ambil uang Rp,2,5 juta. Setelah uang keluar di mesin ATM langsung diganjal dengan Obeng dan mencungkil uang mengunakan Kawat itu hingga mesin ATM error. Total yang diambil seluruhnya sebesar Rp.7,5 juta,” ungkap Kapolsek Panongan, Rabu (26/05/2020) malam.

Tempat terpisah, Kanit Reskim Ipda Edi Riyadi, SH menambahkan Saat Petugas Patroli di sekitar Kawasan Citra Raya langsung meluncur TKP setelah mendapatkan Informasi dari Vendor yaitu Pihak Bank BRI untuk melakukan pengejaran, ketika akan ditangkap kedua TSK melarikan diri.

Baca Juga  Resnarkoba Polresta Tangerang Amankan BD, Pemakai Narkoba

” Kedua Pelaku ditangkap dan diamankan dua lokasi yang berbeda. Satu TSK ke arah Mall Ciputra dan Satu TSK lain mengunakan Motor ke Arah Padat Karya Curug,” terangnya.

Lanjut, Edi mengatakan, mereka mempunyai peran berbeda, Tersangka N berperan mengamati situasi dan menutupi kamera CCTV. Sedangkan F melakukan pengambilan uang menggunakan Obeng dan alat Cungkil kawat.

” Kedua tersangka ini merupakan Residivis, salah satu tersangka baru bebas satu bulan lalu setelah mendapatkan Asimilasi dari Kemenkumham sebulan lalu. Mereka sudah dua kali melakukan pencurian di TKP yang sama,” jelasnya.

Sedangkan Motif kedua tersangka, kata Kanit Reskrim karena kebutuhan dan desakan ekonomi selama Pandemic ini.

” Sebagai Barang Bukti (BB) hasil kejahatannya, Petugas yang disita berupa Uang Tunai sebesar Rp.7,5 juta, Obeng, alat Cungkil Kawat Jari-jari Sepeda, dan Satu Unit Sepeda Motor yang dipakai pelaku,” ungkapnya.

Akibat Perbuatan tersebut, kedua Pelaku Kejahatan dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman minimal 5 (lima) tahun Penjara.

Penulis : Des.
Editor : A Jueni

print

Berita Populer

To Top