Lebak Banten

Luapan Sungai Cibeureum, Genangi Rumah Warga Saat Persiapan Santap Sahur


LEBAK, IGLOBALNEWS.CO.ID – Sungai Cibeureum, yang terletak di Desa Gubugan Cibereum Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten, meluap pagi ini Kamis (14/05/2020), sekira pukul 02:00 dini hari.

Sungai yang melintasi dua Kampung, yakni Kampung Bongkok dan Kampung Lembur Lojor, meluap saat warga hendak mempersiapkan santap sahur, sehingga warga panik dan berhamburan keluar.

Pantauan dilokasi, ketinggian air mencapai 1 Meter sedangkan warga sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman yang letaknya cukup tinggi.

“Takut banjir bandang, ya kami lebih memilih untuk mengamankan diri dulu ke kampung Caringin,” ujar Fitri (28) tahun, salah seorang warga Kampung Bongkok.

Kepala Desa Gubugan Cibeureum Mumuh mengatakan, “Air naik hingga 1 meter, warga yang berada di sekitaran daerah aliran sungai (DAS) dimohon untuk waspada.”

“Rumah saya pun sama kebanjiran, sehingga saya juga ikut mengungsi bersama warga lainnya”, tambah Kades.

Dilokasi banjir juga nampak Babinkabtimas Desa Gubugan Cibeureum, Brigadir Rudi Maryanto.

Mufrodi Tokoh Masyarakat setempat menambahkan, “Kami mengimbau warga untuk mengungsi dan tetap waspada serta untuk tidak panik,” katanya.

Hingga berita ini diterbitkan, warga masih tinggal di pengungsian mengungsi di kampung Caringin yang jaraknya tidak jauh dari kedua kampung yang terendam banjir tersebut.

Keterangan warga, Hujan terjadi sejak Rabu 12 Mei 2020 pukul 23:00 WIB hingga pukul 01:00 dini hari, debit air semakin meningkat, banjir merendam Empat kampung yaitu: Kampung Bongkok, Kampung Lembur Lojor, kampung Cidadap dan Kampung Jamlaung.

Penulis : Ebek.

print

Berita Populer

To Top