Bekasi

Pemkot Bekasi Luncurkan Aplikasi e-Open untuk Pelayanan Administrasi Kependudukan


BEKASI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Disdukcapil Kota Bekasi luncurkan Aplikasi e-Open untuk pelayanan kebutuhan warga masyarakat Kota Bekasi berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Bekasi Nomor : 443 / 2370 / DISDUKCAPIL.set.

Kadis Dukcapil Taufiq Rahnat Hidayat melalui jaringan Whatsapp menjelaskan, Itu kebijakan pelayanan Kependudukan di Kota Bekasi utk dilaksanakan oleh warga. Kemudian lanjut beliau Kiranya warga Masyarakat melaksanakan sesuai edaran dimaksud dan untuk distribusi melalui Satgas Pamor Kelurahan.

Berikut Surat Edaran Wali Kota yang di tujukan ke Camat se-Kota Bekasi dan Lurah se-Kota Bekasi dengan Nomor :443 / 2370 /DISDUKCAPIL.set. Tentang Mekanisme Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Bekasi Melalui Aplikasi e-Open :

Memperhatikan kondisi terkini dari wabah Virus Corona (Covid-19) dan untuk menjaga agar tidak terjadj kontak langsung dengan masyarakat serta tetap menjaga pelayanan kependudukan kepada masyarakat tetap berjalan, bersama ini disampaikan kepada Saudara Camat dan Lurah se Kota Bekasi. Mekanisme Pelayanan Administrasi Kependudukan menggunakan Aplikasi e-Open untuk dapat disampaikan kepada seluruh warga masyarakat Kota Bekasi.

Adapun mekanisme pelayanan Administrasi Kependudukan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :

1. Kantor Disdukcapil Kota Bekasi hanya melayani proses validasi data kependudukan untuk keperluan BPJS.

2. Jenis – Jenis Pelayanan Administrasi Kependudukan yang tersedia pada Aplikasi e-Open di 56 Kelurahan adalah sebagai beeikut :
a. Kartu Keluarga (KK)
b. E-KTP
c. Akte Kelahiran
d. Akte Kematian
e. Kartu Identitas Anak (KIA)
f. Perekaman E-KTP
g. Kedatangan Penduduk
h. Kepindahan Penduduk

3. Jenis-jenis Pelayanan Administrasi Kependudukan di MALL Pelayanan Publik (MPP) dan Gerai Pelayanan Publik (GPP) yang menggunakan Aplikasi e-Open sebagai berikut:
a. Pencetakan E-KTP rusak dan hilang
b. Penerbitan Kartu Keluarga rusak dan hilang
c. Pencetakan E-KTP dengan status perubahan data karena pindah datang luar Provinsi Jawa Barat.
d. Penerbitan Akte Kelahiran terlambat (diatas 60 hari)
e. SKPWNI keluar Provinsi Jawa Barat
f. SKDWNI dari luar Provinsi Jawa Barat

Baca Juga  Dampak Covid-19, Pemkot Bekasi Salurkan 150 Ribu Sembako Secara Bertahap

4. Mekanisme Pelayanan Administrasi Kependudukan untuk jenis Pelayanan Administrasi Kependudukan di 56 Kelurahan, Mall Pelayanan Publik (MPP) serta Gerai Pelayanan Publik (GPP) yang menggunakan Aplikasi e-Open adalah sebagai berikut :
a. Warga menyampaikan permohonan dan persyaratan malalui WhatsApp kapada Petugas Pamor selaku Admin Kelurahan (Data WhatsApp terlampir).
b. Petugas Pamor mengimput permohonan pada Aplikasi e-Open dan menyampaikan dokumen persyaratan melalui e-Open kepada Penyelia Kecamatan.
c. Apabila persyaratan sudah lengkap maka diverifikasi dan di approve oleh Penyelia Kecamatan dan selanjutnya di cetak sesuai jenis layanan.
d. Setiap 2 (dua) hari sekali Penyelia Kecamatan maupun Mall Pelayanan Publik (MPP) serat Gerai Pelayanan Publik (GPP) mendistribusikan produk layanan kependudukan kepada masing-masing Petugas Pamor RW pada 56 Kelurahan dengan terlebih dahulu diumumkan melalui WhatsApp group (Data WhatsApp Penyelia terlampir), dan.
e. Petugas Pamor RW mendistribusikan produk layanan Administrasi Kependudukan kepada warga masyarakat.

Penulis : Hms/Gst.

print

Berita Populer

To Top