Sumatera Selatan

Memutuskan Rantai Peyebaran Virus Corona, Kades Pjs Sukajaya Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

MUARA ENIM, IGLOBALNEWS.CO.ID – Tiap Desa di wilayah Kabupaten Muara Enim menyiapkan lokasi karantina bagi para pemudik yang pulang dari perantauan untuk mengantisipasi penyebaran virus korona (Covid-19). Pemerintah desa menyiapkan rumah kosong, gudang atau gedung serbaguna untuk isolasi para pemudik.

Pjs Kades Sukajaya Kecamatan gelumbang Marzuki,S.Sos menerangkan di desanya lokasi karantina memanfaatkan rumah kosong milik warga yang layak. Rumah yang dipilih fasilitas komplet, terutama pasokan air, bersih dan tidak berbahaya,ucapnya.kades.

Kami menyiapkan rumah isolasi itu untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Menggunakan rumah penduduk yang kosong,” ujar Marzuki saat awak media wawancara di posko covid-19 yang didirikan warga.

Di wilayanya ada beberapa rumah kosong. Hampir setiap RW ada rumah yang dibiarkan menganggur. Selain rumah kosong, disiapkan gudang atau gedung serbaguna.

Marzuki mengatakan, program karantina sudah disosialisasikan ke warga. Termasuk warga para pemudik. Para perantau memahami dan menyatakan tidak akan pulang terlebih dahulu dan menjalani isolasi 14 hari, warga yang telah selesai menjalakan isolasi mandiri odp dan riwayat perjalanan yaitu.neti dari bandung. Sefti (cerebon), ali (bangka belitung), jumairo(babel), pasutri (batam, pekan baru), mereka semua di nyatakan telah selesai menjalani isolasi selama 14 hari.

Ditempat terpisa stap Bides Sukajaya Maiyeni Damayanti,AM.Keb., yang selalu mendampingi posko covid-19 mengatakan, sesuai degan arahan pemeritah pusat dan kabupaten, Desa Sukajaya Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumsel berkerjasama dengan pukesmas, pukesdes, toko masyakat,babinkantibmas dari Polsek Gelumbang Brigadir Azhari Telah mendirikan posko dan melakukan penyemprotan desinfektan secara masal di tempat ibadah,sekolah dan rumah rumah warga pukul 09 pagi selasa, tuturnya Damyanti kepada awak media.

Didalam kesepatan kegiatan tersebut dihadiri oleh.camat gelumbang Plt Syarkowi,S.Sos., Kapolsek AKP.Priyitno,S.lk. Gelumbang Berseta Babinkantibmasnya Brigadir Azhari dinas kesehatan muara enim Diwakili Kepala Pukesmas Musadat,S.KM berseta Evi Nasti,AM.Keb (Bidan Desa), Danramil Kapten.ARH.MMardin, dan angota Babinsa Serda Alex tokoh masyarakat, toko agama ,BPD, Oerangkat Desa, serta warga setempat.

Baca Juga  Instansi Pemerintah Kabupaten Muara Enim Senam Bareng Kodim 0404/M.Enim

Penulis : Rohmadi.

print

Berita Populer

To Top