Serang

Tanggapi Keluhan Masyarakat Cikande, LSM – PUSAKA Surati PT. Berkah Manis Makmur


SERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan industri sangat pesat selalu menjadi salah satu sektor penyumbang pencemaran lingkungan (Limbah) yang diakibatkan oleh produksi industri tersebut, salah satunya PT. Berkah Manis Makmur yang berada di Desa Cikande Kecamatan Cikande Kabupaten Serang.

Dewasa ini Perkembangan industri selalu menghasilkan dampak positif dan dampak negatif, untuk itu perlu memperhatikan mengenai dampak lingkungan supaya tetap menjaga kelestarian lingkungan karena Pencemaran lingkungan dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan masyarakat akibat dari bau menyengat zat kimia yang terus menerus terhirup sehingga terjadi gangguan Pada pernafasan, tutur Kasno Gustoyo .

Dalam mengatasi limbah industri supaya tidak menjadi masalah di lingkungan sekitar pemukiman penduduk, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM – PUSAKA), melayangkan surat permohonan audensi pada pimpinan pabrik Gula PT. Berkah Manis Makmur mengenai tentang pengelolaan dampak lingkungan dan penanganannya.

Dengan Seringnya warga Perumahan taman Cikande dan sekitarnya mencium bau tak sedap akhirnya Kasno Gustoyo Ketua Umum LSM – PUSAKA Surati Pabrik Gula adapun Surat Permohonan audensi tersebut akan menyampaikan prihal sebagai berikut :

1. Pada proses pemurnian nira yang diendapkan akan menghasilkan nira kotor yang biasanya disebut ‘Blotong’ agar proses pengelolaanya tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.
2. Bagaimana Melakukan pengolahan limbah cair melalui penanganan di dalam pabrik (in house keeping) dan Penanganan setelah limbah keluar dari pabrik, melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).
3. Supaya Melakukan Pengolahan Asap dan Debu yang langsung dibebaskan dari sumber dan yang baru terbentuk akibat antar-aksi dua atau lebih selama berada di atmosfer.
4. Sering terjadi banjir di Pemukiman Penduduk Perumahan Taman Cikande dan sekitarnya diduga telah terjadi penyempitan Sungai Cidurian akibat pembangunan Pabrik Gula PT. Berkah Manis Makmur.
5. Bagaimana Cara mengatasi supaya warga perumahan taman Cikande dan sekitarnya tidak terganggu dengan suara mesin pabrik dan kesehariannya sering mencium bau tak sedap yang diduga bersumber dari pabrik Gula PT. Berkah Manis Makmur.

Baca Juga  UPAYA MEDIASI P2TP2A GAGAL, KELUARGA FP TUNTUT KEADILAN DARI BKD PROVINSI BANTEN

Kasno Gustoyo Ketua Umum LSM – PUSAKA dengan adanya Keluhan Warga Perumahan Taman Cikande dan Sekitarnya Kami berharap supaya perindustrian bisa mengatasi permasalahan limbah yang ada dalam industri khususnya Pabrik Gula PT. Berkah Manis Makmur. Agar selalu melakukan inovasi- inovasi baru tentang pengelolaan dampak dan penanganan limbah.

Untuk menjawab yang telah diduga merugikan warga sekitar perusahaan pabrik gula, kami berharap semoga Pimpinan Perusahaan secepatnya mengabulkan permohonan audensi,” Pungkasnya, saat di temui awak media pada Jum’at (26/03/2020).

Penulis : A Jueni.

print

Berita Populer

To Top