Jakarta

Syekh Puji Nikahi Anak 7 Tahun Terancam 20 Tahun Penjara dan Kebiri

JAKARTA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Karena melakukan kekerasan seksual terhadap santrinya yang masih berusia 7 tahun inisial D dengan cara menikahinya, Syekh Puji (54) warga Ungaran Jawa Tengah dan diketahui pula salah satu pengelolah sekaligus pemimpin Popes terancam hukuman pidana penjara maksimal 20 tahun .

Mengingat Syekh Puji pernah dinyatakan bersalah dan telah menjalani hukuman pidana penjara dengan perkara yang sama. Dengan demkian, merujuk pada pasal 81 sebagaimana dimaksud pasal 76D ayat (4) UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang penerapan Perpu Nomor : 01 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-undang Nomor : 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, Syekh Puji yang berjanggut panjang pakaian serba putih itu dapat dikenakan tambahan pidana sepertiga dari ketentuan pidana pokoknya. Itu berarti Syekh Puji dapat dikenakan hukuman pidana penjara seumur hidup dan bahkan bisa mendapatkan tambahan hukuman berupa tindakan kebiri lewat suntik kimia dan pemasangan alat pedenteksi elektronik, demikian disampaikan Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Atist Merdeka Sirait dalam keterangan rilisnya kepada sejumlah media di Jakarta Senin 30/03.

Lanjut, Arist menjelaskan dalam rilisnya, berhubung Syekh Puji pernah melakukan tindak pidana kejahatan seksual yang sama kepada santrinya berusia 12 tahun beberapa tahun lalu, dan sudah dapat dikategorikan bahwa Syekh Puji merupakan residivis seksual anak, dengan demikian saya bisa memastikan dan percaya bahwa pihak penyidik di Reskrimum Polda Jawa Tengah (Jateng) yang telah mendapat pelaporan dari keluarga dekat Syekh Puji dan didampingi oleh Tim Khusus Komnas Perlindungan Anak perwakilan Jawa Tengah di Semarang dalam waktu dekat akan menindaklanjuti laporan tersebut bahkan menangkap dan menahannya.

“Saya percaya itu, sebab apa yang diduga dilakukan Syekh Puji terhadap terduga santrinya merupakan kejahatan seksual luar biasa dan harus pula ditangani dengan cara luar biasa.”

Baca Juga  Menko Polhukam: Laut Harus Dapat Prioritas Pembangunan

Syekh Puji atau nama asli Purnomo Cahyo Widianto dilaporkan telah menikahi seorang anak yang baru berusia 7 tahun berinisial D.

Puji yang mengaku sebagai Syekh menikahi bocah itu pada tahun 2016 dan baru di laporkan ke Polda Jatim pada tahun 2020, namun hingga saat ini laporan tersebut masih belum ada perkembangannya.

print

Laman: 1 2

Berita Populer

To Top