Sulawesi Tengah

Ancaman Penyebaran Covid 19 di Morowali di Bedah Dalam Diskusi Publik

Photo diskusi publik dihadiei  Stakeholder terkait.

Photo diskusi publik dihadiei Stakeholder terkait.

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Ancaman menyebarnya Covid 19 di Kabupten Morowali mendapat perhatian serius dari berbagai pihak dengan adanya ribuan orang TKA asal Negara Tiongkok yang bekerja di sejumlah perusahaan tambang di Kabupaten Morowali.

meskipun pemerintah daerah melalui stakeholder terkait telah melakukan upaya antisipasi serta kesiapsiagaan terhadap penyebaran covid 19 sedini mungkin, namun dipandang perlu langkah dan upaya sinergitas dari seluruh elemen masyarakat.

Sebagai bentuk sinergitas dalam upaya mengantisipasi ancaman penyebaran covid 19, Pena Desa menggelar Diskusi Publik dengan tema, ” Membedah Potensi Ancaman Virus Corona di Morowali “ yang digelar di warkop Aweng kompleks perkantoran Fonuasingko desa Bente, Kecamatan Bungku tengah, Kabupaten Morowali pada, Selasa (10/03/2020).

Bupati Morowali diwakili Kepala Dinas KesbangPol daerah Morowali, Abd Wahid Hasan mengatakan, berdasarkan konfirmasi dari kemenkes RI pada selasa (10/03/2020) bahwa sudah ada 19 orang warga negara indonesia yang positif Suspek Covid 19, menyikapi hal tersebut, maka pemerintah daerah morowali menghimbau masyarakat morowali agar tidak panik, namun perlu waspada, imbuhnya.

Kekhawatiran itu memang ada dan saat ini kita focus melakukan pencegahan dan kesiapsiagaan serta penanggulangan didalam kawasan pada sejumlah perusahaan tambang yang mempekerjakan tenaga kerja WNA asal Tiongkok.

Olehnya, upaya dan langkah pemerintah daerah saat ini adalah menyiapkan ruang isolasi di RSUD Morowali bagi pasien terindikasi terjangkit covid 19, katanya.

Sejak mendapatkan informasi tentang virus corona, sejak itu pula dilakukan upaya upaya dan kegiatan penanggulangan “. Ungkap Kadis Kesehatan, PP dan KB Mrowali, Ashar Ma’ruf.SE

Bahkan bulan Desember 2019 lalu, Internal Dinkes PP dan KB Morowali telah menindaklanjuti instruksi menteri kesehatan RI terkait pemantauan Kesiapsiagaan Antisipasi Penyebaran Penyakit Pneumonia Berat yang Belum diketahui Etiologinya tersebut, tutur dia.

Baca Juga  Warga Bungku Selatan Temukan Bom Sepanjang Satu Meter

Hal ini dilakukan pada masing- masing wilayah puskesmas se- Kabupaten Morowali.

Selain itu, juga telah menindaklanjuti Instruksi Bupati Morowali melalui surat edaran pada tanggal 23 Januari 2020 agar seluruh perusahaan tambang yang memperkerjakan TKA asal Tiongkok untuk segera melakukan MCU (Medical Chek Up) terhadap TKA dengan melibatkan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Klinik IMIP dan seluruh perusahaan yang mempekerjakan TKA.

“Hingga saat ini belum ada laporan yang kami diterima adanya yang terjangkit Virus Corona dari 1.375 orang TKA yang telah mejalani permeriksaan,” terang Ashar Ma’ruf.

Berbagai masukan dan solusi disampaikan oleh peserta diskusi sebagai referensi bagi stakeholder dalam upaya dan langkah mengantisipasi ancaman penyebaran covid 19 di kabupaten Morowali.

Pena Desa selaku panitia pelaksana menghadirkan dokter ahli paru dan direktur RSUD Morowali dr.Agus Partang sebagai pemandu kegiatan.

Hadir dalam acara ini Forkopimda Morowali, stakeholder terkait, pihak perusahaan, sejumlah awak media dan masyarakat.

Peliput : Abd Rahman Tanra.
Editor : A Jueni.

print

Berita Populer

To Top