Berita Utama

Mau Wisata Demokrasi? Ayo, Kunjungi Rumah Pintar Pemilu Nyi Mas Melati Kota Tangerang!

TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Dalam rangka memperluas informasi tentang demokrasi kepada masyarakat, KPU Kota Tangerang bekerja sama dengan Dinas kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang mengajak masyarakat untuk berwisata demokrasi ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nyi Mas Melati Kota Tangerang.

Rumah Pintar Pemilu Nyi Mas Melati ini berlokasi di Kantor KPU di Jalan Nyi Mas Melati, Kota Tangerang.

Baca Juga  Gubernur Riau Arsjadjuliandi Rachman Serah Kunci RLH dan Launching Rastra

Di hari pertama pembukaan, Rabu (26/2/2020), tampak sejumlah siswa dari beberapa SMA dan SMP berkumpul di halaman kantor KPU Kota Tangerang untuk melihat-lihat RPP tersebut.

Saat para siswa yang terbagi dalam 4 group ini memasuki RPP, siswa langsung diarahkan untuk melihat-lihat Galeri Pameran Kepemiluan, Simulasi Pencoblosan, Pengenalan Sejarah Pemilu di Indonesia serta ruang audio visual, yaitu ruang pemutaran film tentang demokrasi yang dikemas secara kekinian.

Ketua Komisi Pemilhan Umum Kota Tangerang, Syailendra menuturkan, kehadiran para pelajar ke RPP ini merupakan hasil kerja sama KPU dan Disbudpar Kota Tangerang yang pada waktu itu masih dijabat Rina Hernaningsih.

“Para pelajar sengaja didatangkan untuk meningkatkan kualitas index demokrasi melalui giat wisata demokrasi,” jelas Syailendra yang pernah sukses menggelar Pemilu serentak di Kota Tangerang.

Baca Juga  KPPA: Perempuan Siap Menghadapi Pemilu 2019

Syailendra juga menambahkan, RPP ini dimaksud agar para pelajar dapat nengenal proses Pemilu bukan hanya bagaimana saat menggunakan hak pilih saat pemungutan suara saja, akan tetapi RPP ini akan dijelaskan secara singkat mengenai proses tahapan Pemilu.

“Ini juga sebagai bentuk upaya KPU melaksanakan kegiatan pendidikan pemilih melalui proses demokrasi yang baik, jauh dari praktek-praktek menyimpang hingga dapat membentuk calon pemilih yang cerdas,” lanjutnya.

Diinformasikan RPP ini dibuka bukan hanya untuk pelajar dan mahasiswa saja, tetapi juga untuk kelompok masyarakat luas dengan sebelumnya mengkonfirmasi ke nomor telepon KPU Kota Tangerang (021)5515469.

Penulis: Jfr.
Editor: Dny.

print

Berita Populer

To Top