Sulawesi Tengah

IMIP Dorong Wartawan Morowali Lebih Berimajinasi Menulis Berita

on

Slamet Victor Panggabean (Senior Vice Presiden PT.IMIP).

Slamet Victor Panggabean (Senior Vice Presiden PT.IMIP).

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – PT. IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park ) menggelar Pers Gathering dengan Persatuan Jurnalis Morowali (PERSTAJAM) di rumah makan wisata laut kelurahan Tofoiso Kecamatan Bungku tengah, Kabupaten Morowali pada sabtu (08/02/2020).

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan agar bagaimana peran Pers dapat lebih maksimal memberikan informasi kepada publik tentang Sumber Daya Alam (SDA) K#1abupaten Morowali yang begitu kaya dan dikelola secara profesional berdasarkan kaidah yang telah ditetap pemerintah.

Atas nama managemen, Senior Vice Presiden PT IMIP mendorong para wartawan yang tergabung dalam organisasi Perstajam untuk berimanjinasi melalui karya tulis yang bisa menyumbangkan kontribusi terhadap pembagunan dan kemajuan daerah Morowali.

Menurutnya, peran Pers sangat dibutuhkan oleh semua elemen dalam rangka memberikan informasi dan inspirasi, kritikan dari berbagai aspek dan sudut pandang sebagaimana amanah Demokrasi

Termasuk kritikan kepada IMIP dari sisi kekurangan selama ini, dan IMIP siap dikritik.

Sebab kata Slamet, ” jangan sampai Industri di Kabupaten Morowali berkembang dengan begitu pesatnya, namun ada kekurangan yang tidak disadari sehingga dalam perkembangannya itu sendiri ada masalah yang timbul dipermukaan namun tidak kelihatan,” katanya.

Olehnya, tujuan pertemuan ini dilaksanakan agar wartawan dapat lebih berimajinasi dalam sebuah karya tulis guna memberikan informasi kepada publik dari berbagai aspek yang berkaitan dengan pemerintah,sumber daya alam dan pengelolaannya, budaya, wisata, ekonomi kerakyatan, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

Seperti SDA Kabupaten Morowali yang harus dikelola secara profesional sehingga semua stakeholder dapat merasakan manfaatnya, imbuhnya.

“Sebab, jangan sampai ada kesan, bahwa perusahaan semakin besar namun tidak terkontrol.”

misalnya ada informasi atau aspirasi dari karyawan yang ingin disampaikan ke managemen perusahaan, namun dia tidak berani menyampaikan karena hanya staf biasa, padahal infomasi atau aspirasi yang ingin ia sampaikan merupakan hal yang positif bagi perusahaan maupun bagi kinerja karyawan itu sendiri.

Photo bersama Senior Vice Presiden IMIP bersama stap dan anggota Perstajam.

Photo bersama Senior Vice Presiden IMIP bersama stap dan anggota Perstajam.

Selain itu, lanjut Slamet V.Panggabean termasuk perkembangan di kabupaten morowali khususnya di kecamatan Bahodopi yang begitu maju dengan pesat belakangan ini.

Baca Juga  Bupati Morowali: Perusahaan Asal Tiongkok Ikut Bertanggung Jawab dan Peduli Kemanusiaan Bagi Korban Bencana Alam

Pertanyaannya adalah, apakah kita siap menyambut dan menata perkembangan kemajuan ini dengan kemajuan Era globalisasi dan alih tekhnologi saat ini?.

“Disinilah peran Pers untuk memberikan informasi kepada publik”.

Seperti isu penerimaan karyawan di perusahaan yang katanya sangat susah, padahal perusahaan setiap hari melakukan penerimaan karyawan.

“Kenapa masih ada yang belum terserap , bahkan ada berkas yang sudah berbulan bulan tidak di proses, berarti ada sistem yang salah, termasuk kurangnya informasi kepada publik.

hal inilah yang penting untuk disampaikan kepada publik melalui imajinasi yang diaplikasikan melalui karya tulis seorang wartawan, harapnya.

Selain itu, masih banyak topik lain yang bisa dimunculkan ke permukaan, seperti kebudayaan, wisata,ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lainnya.

“Ini semua membutuhkan imajinasi dari diri seorang wartawan yang diaplkiasikan melalui tukisan dalam mengolah persoalan tersebut,” imbuhnya.

Dalam acara ini juga dilangsungkan dialog serta penyerahan cendera mata dari IMIP kepada anggota Perstajam.

Turut hadir sejumlah staf humas IMIP dan personil Perstajam.

Peliput : Abd Rahman Tanra.
Editor : A Jueni.

print

About iGlobalNews

Recommended for you