Jakarta

Menunggu Janji Budi Karya Sumadi Bersih-Bersih Kemenhub


JAKARTA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjanji “membersihkan” Kementeriannya dari praktek haram pungutan liar (Pungli). Dia tidak akan segan menindak PNS di kementeriannya yang masih melakukan pungli.

“Kita terus melakukan perbaikan diri. Saya tidak segan ambil tindakan, kalau ada yang melakukan hal negatif,” ujar Menhub dalam acara Rapat Koordinasi Teknis Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan di Jakarta, Selasa, (10/01/2020).

Joseph Hutabarat SH, MH, lawyer sekaligus pemerhati perhubungan, merespon positif janji tersebut. Terlebih kementerian itu banyak menyebut lahan basah pungli, menyusul terbilang banyak perizinan yang dikeluarkan kementerian tersebut.

“Bahkan, lahirnya Tim Saber Pungli setelah Presiden Jokowi dan Kapolri sidak Kementerian tersebut,” ungkap Joseph.

Namun, isu tersebut merebak lagi, setelah pelantikan struktural di Kemenhub 13 Desember 2019, yang saat itu melahirkan dua Daftar Lantik yg berbeda.

Satu daftar lantik mencantumkan jumlah dilantik sebanyak 572 pejabat. Lainnya sebanyak 592, sehingga ada selisih 20 pejabat. Ada 4 jabatan dobel yang masing-masing jabatan dipegang dua orang, serta berbagai pelanggaran administrasi kepegawaian lainnya.

Padahal, seperti dikatakan menteri dalam rilisnya 20 Desember 2019, pelantikan itu salah satunya demi mengoptimalkan kinerja pada Kementerian Perhubungan.

print

Laman: 1 2 3

Berita Populer

To Top