Hukum

Komisi Kejaksaan RI Kunjungi Kejaksaan Agung RI

JAKARTA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Wakil Jaksa Agung menyampaikan Kinerja Kejaksaan RI tahun 2019, diantaranya tentang keberhasilan 63 Unit Kerja Kejaksaan yang memperoleh predikat Zona Integritas (ZI), Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang diterima Desember 2019 lalu, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB).

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Jaksa Agung Arminsyah dihadapan seluruh komisioner Komisi Kejaksaan RI (KKRI), saat menerima kunjungan kerja KKRI yang dipimpin ketuanya Barita Simanjuntak, di ruang kerja Wakil Jaksa Agung di Jakarta, Kamis (09/01/2020).

“Di tahun 2020 ini, akan didorong lebih banyak lagi unit kerja Kejaksaan untuk memperoleh predikat ZI, WBK, dan WBBM yang salah satunya akan dilakukan dengan cara menularkan keberhasilan capaian kinerja dari Unit Kerja yg telah memperoleh WBK / WBBM kepada unit kerja yang belum memperoleh WBK untuk dicontoh sehingga meningkatkan kualitas pelayanannya,” ujar Arminsyah optimistis .

Menyikapi perkembangan dunia digital dalam era revolusi industri 4.0 Khususnya terkait dengan penerapan Informasi Teknologi (IT) Kejaksaan, dijelaskan Arminsyah, hal ini sudah merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan dan harus dikembangkan dalam rangka mempercepat pelayanan pada masyarakat maupun sebagai sarana pengambil keputusan oleh Pimpinan.

Kejagung RI juga telah melaksanakan kegiatan Video Conference (Vicon) yang menjangkau 31 Kejaksaan Tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai sarana komunikasi dan koordinasi antara Pimpinan Pusat dengan Pimpinan Daerah.

“Hali ini sangat membantu penyelesaian problematika yang terjadi di wilayah kerja pimpinan daerah tanpa perlu bertemu langsung ke Jakarta dan pada tahun 2020 ini Video Conference dapat diikuti 463 Kejari seluruh Indonesia” imbuh Wakil Jaksa Agung ini.

Baca Juga  Kemendagri Dukung Peningkatan Status Indonesia Menjadi Anggota Penuh FATF

Menanggapi itu, dengan suka cita, ketua KKRI Barita Simanjuntak menyampaikan apresiasinya pada kinerja Kejaksaan RI yang berhasil beroleh WBK, ZI, dan WBBM di tahun 2019 yang didukung penguatan IT, dan kinerja Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi (Pusdaskrimti) yang dikepalai oleh Didik Farkhan.

“Dengan adanya koneksi IT Bidang Kejaksaan RI dengan IT KKRI, diharapkan untuk mempercepat proses laporan maupun pengaduan, sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat,” harap ketua KKRI Barita Simanjuntak.

Penulis : Richard Aritonang.
Editor : A Jueni.

print

Berita Populer

To Top