Sulawesi Tengah

Wakil Bupati Morowali Resmikan Terminal Bungku

Foto: Wakil Bupati Morowali, DR. H. Najamudin saat meresmikan terminal Bungku, komplek pasar tradisional modern Bungku Kelurahan Bungi Kecamatan Bungku Tengah.

Foto: Wakil Bupati Morowali, DR. H. Najamudin saat meresmikan terminal Bungku, komplek pasar tradisional modern Bungku Kelurahan Bungi Kecamatan Bungku Tengah.

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Wakil Bupati Morowali, DR. H. Najamudin didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Morowali meresmikan pengoperasian terminal Terpadu Non Tipe Kota Bungku beserta penetapan titik simpul jaringan Lalu-Lintas angkutan jalan di terminal, Rabu (4/12/2019).

Kepala Dishub Morowali, Moh. Rizal Baduddin mengatakan, bahw terminal yang dibangun melalui APBD tahun anggaran 2018 itu menelan biaya sebesar Rp. 881.602.120.25.

“Anggaran ini masih jauh dari harapan untuk memenuhi standar pelayanan terminal tipe C,” ucapnya.

“Dengan diresmikannya bangunan terminal ini serta ditetapkannya titik simpul jaringan lalu lintas angkutan jalan pada terminal akan menjadi tonggak awal konektivitas, juga perkembangan moda transportasi darat,” ungkap Rizal saat menyampaikan laporannya.

Kehadiran terminal, lanjut Rizal akan menjadi pusat pergerakan orang dan barang serta terciptanya efek berantai di sektor ekonomi mikro dengan tumbuhnya penyedia jasa angkutan pedesaan serta kedai-kedai makanan dan minuman di seputaran terminal.

“Demi kelancaran operasional terminal tentunya diharapkan dukungan masyarakat dan penyedia jasa angkutan umum dengan memantau, memberikan kritikan dan saran yang sifatnya membangun sebagai bahan evaluasi,” ujarnya.

Rizal menegaskan, khusus penyedia jasa angkutan agar mematuhi segala ketentuan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait tata cara penyelenggaraan angkutan umum.

Pemda Morowali mengharapkan dukungan dari Polri dan TNI melalui Sat-Lantas Polres Morowali dan personil Kodim 1311/Morowali untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban terminal serta pelaksanaan operasi penertiban angkutan umum.

Disebutkan, bahwa gedung pengujian kendaraan bermotor selasai di tahun ini dan peralatan uji kendaraan pengadaannya tahun 2019 serta diakreditasi akhir tahun 2020. Dalam artian, Morowali sudah bisa melakukan uji berkala kendaraan bermotor dan buku keur.

Baca Juga  Kunker Spesifik Komisi VII di PT IMIP Klarifikasi 5 Sorotan Publik

“Semuanya itu tidak hanya menjadi potensi untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga tentu untuk mewujudkan pelayanan masyarakat dalam penyelenggaraan angkutan umum yang terrtib, aman, nyaman dan berkualitas sebagaimana amanah UU No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan,” kata Rizal.

Hadir sejumlah kepala OPD, pengurus Organda dan sopir angkutan darat serta masyarakat sekitar.

Peliput: Abd Rahman Tanra.

print

Berita Populer

To Top