Sulawesi Tengah

SPIM Minta Segera Lakukan Evaluasi Penerapan K3 dan SOP, PT IMIP Respon Positif

on

Afdal mengungkapkan bahwa, Korban kecelakaan kerja yang terjadi dikawasan IMIP yang menimpa Alm. Rian Sucipto
(25 Thn) warga desa Uedagao Kecamatan Bungku Barat yang merupakan karyawan yang bekerja sebagai crew mekanik tungku ferrochorome PT. IRNC meninggal dunia akibat terkena semburan api.

Selain itu lanjut Afdal, La Ode Abdul Riyan Karyawan yang bekerja di Divisi Furnance CSI yang dititipkan di perusahaan BSI juga mengalami luka bakar serius di tubuhnya beberapa waktu lalu.

Kecelakaan kerja juga terjadi pada Kamis (26/9/2019), korban BT mengendarai truck 10 roda mengangkut slag dari lokasi PT IMIP ke PT Indonesia Ruipu Nickel Chrome Alloy (PT IRNC). Kecelakaan terjadi disaat mobil yang dikendarai tidak mampu menanjak dan akhirnya terguling menindis korban hingga nyawanya tidak terselamatkan. Ungkap Afdal.

Rentetan kasus kecelakaan kerja diatas menjadi bukti bahwa ada yang keliru soal penerapan SOP dan manajemen K3

Saat ini telah tercatat sebanyak 154 kasus kecelakaan kerja dikawasan IMIP sejak Bulan januari hingga september tahun 2019 berdasarkan klaim BPJS ketenagakerjaan dan tidak sedikit yang diantara korban berujung pada kematian. Artinya, bila dirata-ratakan sekitar 17 Orang perbulan, ungkap Afdal.

Sementara, Koordinator Media Relation PT IMIP Dedy Kurniawan mewakil PT IMIP menyatakan merespon positif aspirasi SPIM .

Hal tersebut bahkan dilakukan investigasi terkait penyebab insiden usai terjadi musibah kecelakaan kerja oleh tim safety PT IMIP.

print

Laman: 1 2 3

About iGlobalNews

Recommended for you