Leaderboard
Sulawesi Tengah

Ketua DPRD Morowali Kebanjiran Aspirasi Saat Reses

Ketua DPRD Morowali Kuswandi saat reses di desa Laroue kecamatan Bungku timur

Ketua DPRD Morowali Kuswandi saat reses di Desa Laroue Kecamatan Bungku timur.

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Ketua DPRD Morowali Kuswandi kembali melakukan reses di desa Laroue Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali, Kamis, (26/12/2019), sebelumnya Kuswandi juga telah melakukan reses di Desa Lahuafu.

Dalam resesnya Kuswandi kebanjiran Aspirasi dari masyarakat Desa Laroue untuk diakomodir pada tahun anggaran 2020 dan tahun anggaran 2021 mendatang.

Kuswandi mengungkapkan, bahwa dirinya akan mendukung dalam merealisasikan program pemerintah kabupaten morowali yang tertuang dalam visi misinya guna mencapai morowali sejahtera bersama.

Salah satunya adalah program 200 Juta per satu desa yang akan direalisasikan tahun 2020 mendatang, ungkap Kuswandi.

” Dana tersebut nantinya akan disalurkan melalui BUMDES dan itu bukan pinjaman melainkan bantuan hibah kepada ibu- ibu untuk UMKM.”

Olehnya diharapkan agar dana tersebut kiranya dipergunakan sebaik baiknya agar program ini bisa mengsejahterakan masyarakat, harap Kuswandi.

Selain itu Kuswandi juga mengungkapkan bahwa Desa Laroue mendapat anggaran sebesar dua milyar rupiah lebih yang bersumber dari APBD pada tahun 2020 melalui sejumlah program.

Dengan dana sebesar itu,kata Kuswandi, itupun dirinya belum pernah reses di desa Laroue, bahkan belum menjabat sebagai ketua DPRD .

“Dengan reses hari ini dengan posisi sebagai Ketua DPRD, maka saya akan lebih fokus untuk mengecurkan anggaran APBD tahun 2021 yang lebih besar lagi. Hal ini dikarenakan telah mendengar langsung keluhan ataupun aspirasi masyarakat secara langsung.” Kata Kuswandi.

Sementara Kepala Desa Laroue Mariajang menyampaikan sejumlah pengusulan program melalui APBD Morowali diantaranya mobil angkutan pedesaaan yang nantinya akan menjadi transposrtasi multi fungsi.

Dua objek wisata yang telah tersertikasi juga tak ketinggalan menjadi pengusulan skala prioritas guna pengembangan Destinasi wisata berupa Goa dan hutan Mangrove.

Photo Masyarakat Desa Laroue saat menghadiri reses Ketua DPRD Morowali.

Photo Masyarakat Desa Laroue saat menghadiri reses Ketua DPRD Morowali.

Selain itu juga diusulkan peningkatan pembangunan masjid dan jalantani, namun tak kalah pentingnya adalah pengusulan pengadaan sarana dan prasaan air bersih berupa sumur suntik.

Baca Juga  Target Operasi Pengedar Sabu Berhasil di Tangkap BNNK Morowali

Penertiban ternak sapi yang masih berkeliaran yang kerap mengganggu aktifitas masyarakat dan tanaman warga juga dipandang perlu untuk ditindaklanjuti, kata Mariajang

“Saya titip aspirasi ini kepada Ketua DPRD Morowali dengan harapan bisa memperjuangkan di APBD tahun depan,” harap Mariajang.

Dalam sesi dialog masyarakat menyampaikan sejumlah pengusulan pembangunan dari berbagai sektor diantaranya disektor pendidikan , air bersih (sumur suntik), pagar sekolah PAUD-TK dan alat bermain anak,

Salah satu tokoh masyarakat yang merupakan mantan kepala Desa Laroue mengusulkan pengadaan air bersih. Hal ini merupakan persoalan berkelanjutan di desa Laroue saat musim kemarau tiba. Ia pun minta agar pengusulan ini menjadi skala prioritas yang harus direalisasikan di tahun anggaran 2020, pintanya.

Sementara Bhabinsa Desa Laroe mengusulkan pengembangan budidaya komoditi Pinang dengan pengadaan bibit hibrida Aceh. Masyarakat saat ini masih terkendala oleh dana untuk pengadaan bibit pinang hibrida asal Aceh.

Firdaus menuturkan bahwa prospek tanaman pinang ini bisa mendongkrat ekonomi masyarakat, tuturnya.

Ketua BPD sendiri mengusulkan peningkatan pembangunan lapangan sepak bola, dan peningkatan tambatan perahu.

Menjawab harapan masyarakat tersebut, ketua DPRD Morowali akan mengakomodir sejumlah aitem yang menjadi skala prioritas yang telah diusulkan masyarakat.

Selain melakukan penjaringan aspirasi, Kuswandi juga minta kepada Pemerintah Desa (Pemdes) dan kelompok tani dan nelayan maupun organisasi kemasyarakatan agar mengusulkan program lewat proposal pada waktu yang tepat, pintanya.

Hadir Kepala Desa Laroue bersama perangkatnya, anggota BPD , tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok tani, kelompok nelayan, dan kelompok WIA dan ratusan masyarakat Desa Laroue.

Baca juga : Ketua DPRD Morowali : Reses Perekat Wakil Rakyat Dengan Masyarakat.

Peliput : Abd Rahman Tanra.
Editor : A Jueni.

print

Berita Populer

To Top