Leaderboard Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali HUT Morowali Pemkab
Sumatera Selatan

Jalan Santai HUT HPN ke-74 , Gubernur Imbau PWI Sumsel Lakukan Indentifikasi Wartawan

SUMSEL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru menyarankan kepada PWI Provinsi Sumsel agar melakukan identifikasi wartawan yang tergabung di PWI dan asosiasi jurnalistik lainnya.

“Karena sekarang ini hampir semua orang bisa jadi wartawan, sehingga tidak ada filter seperti yang didengungkan oleh organisasi Dewan Pers terkait kode etik jurnalistik,” pintanya usai melepas ribuan peserta jalan santai menyambut HUT HPN ke-74 di halaman kantor Gubernur Sumsel, Minggu (01/11/2019) pagi.

Gubernur menuturkan, PWI harus terus melakukan pembinaan terhadap calon wartawan terutama dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Bahwa tidak semua bisa dikatakan dan mengaku sebagai wartawan.

“Masyarakat kadang bingung mana wartawan profesional dan wartawan amatir. PWI sebagai organisasi wartawan tertua harus melakukan pembinaan dan penyuluhan,” tandasnya.

Untuk itu, HD panggilan lain Gubernur Sumsel ini berharap PWI segera melakukan pembenahan terutama dalam menjawab tuntutan zaman keterbukaan saat ini. Apalagi wartawan harus mampu melalui tahapan-tahapan tantangan yang bisa diterima oleh masyarakat.

“Profesi wartawan sekarang tidak leluasa seperti dulu karena tuntutan zaman dan ITE. Untuk itu, perlu menguasai dan tahu sumber berita yang akan ditulis,” jelasnya.

“PWI harus bekerja keras, jangan sampai profesi wartawan tercoreng oleh segelintir orang yang dapat dengan mudah untuk menggunakan ID Card seolah dia wartawan dari sebuah penerbitan,” jelasnya.

Terakhir, HD menyampaikan ucapan selamat kepada PWI yang telah melaksanakan berbagai aktivitas baik secara terbuka maupun profesi sebagai wartawan.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar mengatakan acara jalan santai yang diikuti oleh ribuan peserta ini memperebutkan sejumlah hadiah door prize menarik dan hadiah umroh dari Gubernur Sumsel.bRangkaian acara menyambut HUT HPN ke-74 ini juga diisi dengan kegiatan bakti sosial donor darah.

Baca Juga  Tim Kesenian KTNA Muba Raih Juara Umum Wakili Muba di Tingkat Nasional Tahun 2020

“Alhamdulilah, antusias masyarakat yang mengikuti jalan santai, acara dilanjutkan dengan aksi donor darah,” ungkap Firdaus Komar usai melakukan donor darah.

Penulis: Edi Pirang.
Editor: Dny.

print

Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali HUT Morowali PT IMIP HUT Morowali Pemkab Iklan Kecamatan Bahodopi HUT MOrowali ke-20

Berita Populer

To Top