Leaderboard
Sulawesi Tengah

Gelar Aksi Donor, PT IMIP Kumpulkan 280 Kantong Darah

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Istilah simbiosis mutualisme sangat cocok dengan kegiatan donor darah. Alasannya, yang memberi dan diberi mendapat manfaat satu sama lain. Manfaat donor darah bagi yang memberi diantaranya, membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri, menurunkan resiko serangan jantung hingga 90% persen.

Donor darah merupakan salah satu cara untuk menolong orang lain yang membutuhkan tambahan darah, misalnya orang kecelakaan, transplantasi organ, atau akibat penyakit tertentu. Hal tersebut, disampaikan dr Friselina Nuransi Mandiangan, penanggungjawab Klinik PT IMIP, saat menggelar aksi donor di kantor PT IMIP, Selasa (17/12/2019).

Aksi donor darah tersebut, kata wanita yang lebih akrab dipanggil dr Seli ini, secara rutin dilakukan perusahaan setiap tiga bulan sekali. Setiap kali melakukan aksi donor darah, jumlah kantong darah yang berhasil di kumpulkan bisa mencapai 250 sampai 280 kantong darah, ungkapnya.

Photo Nampak karyawan PT IMIP antusias mengikuti aksi Donor.

Photo Nampak karyawan PT IMIP antusias mengikuti aksi Donor.

“Sebelumnya, pada Agustus 2019 kemarin, PT IMIP menggelar aksi donor darah yang pertama kalinya melibatkan masyarakat di sekitar lingkar tambang. Dalam aksi tersebut, kita menggandeng pihak pemerintah Kecamatan. Pada aksi tersebut, antusias warga sangat baik sekali. Jumlah kantong darah yang berhasil dikumpulkan lebih dari 250 kantong,” kata dr Seli.

Pada aksi donor kali ini, lanjut dr Seli, total kunjungan atau peserta yang mengambil formulir pendaftaran sebanyak 326 orang. Dari jumlah itu, 280 diantaranya dinyatakan memenuhi syarat untuk melakukan donor darah, sedang 46 orang lainnya tidak memenuhi syarat untuk menjadi pendonor.

“Nantinya, darah ini akan didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan. Misalnya, jika terjadi bencana alam kemudian warga yang terdampak membutuhkan darah, maka itu akan didistribusikan dengan segera,” jelas dr Seli.

Baca Juga  Camat Bahodopi Ultimatum PT BDM : Jangan Perpanjang Lagi Kotrak PT TAP dan BMJ

Peliput : Abd Rahman Tanra.
Editor : A Jueni.

print

Berita Populer

To Top