Leaderboard
Nias

Diduga Surat HibahTak Jelas, Warga Desa Hilihati Palang Lahannya

NIAS UTARA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Pembangunan Jalan Telford di Desa Hilihati Kecamatan Lahewa Kab Nias Utara di Palang warga, Senin (09/12/2019). Tindakan warga tersebut diduga terkait surat hibah yang dibuat Pemerintah Desa setempat terkesan asal asalan, seperi tidak dimuatnya Lokasi, ukuran, dan batas batas lahan yang dihibahkan.

Terkait hal tersebut, salah seorang warga bernama Sudirman Waruwu mengungkapkan rasa kecewanya kepada awak media, “Pada tahun 2016 yang lalu ada pembukaan badan jalan yang bersumber dari dana desa di desa kami, kala itu Joniman Baeha Kepala desa. Saya ingin tunjukan lahan yang mau saya hibahkan  tetapi Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) melarang saya kelapangan, mereka bilang kesaya “Tidak ada urusanmu lagi di sini,” Ujar Sudirman Waruwu yang biasa dipanggil Ame menirukan ucapan tim TPK.

Masih kata Ame, Setelah dirinya menanda tangani surat hibah yang diduga tidak jelas tersebut. Selanjutnya di Tahun 2019 telah terjadi pergantian Kepala desa.

Di bawah pemerintahan kepala desa Erius zalukhu Proyek pengerasan jalan Telford dan bangunan pendukung lainnya yang bersumber dari dana desa  kembali dilanjutkan tanpa mempertimbangkan kaabsahan surat hibah tanah.

“Saya telah ajukan keberatan ke pihak desa, besoknya Kepala desa hilihati  merespon dan datang kerumah menyodorkan uang sejumlah Rp.500 ribu rupiah namun saya tolak,” lanjut Ame.

Dan hingga saat ini proyek tersebut belum bisa kembali dilanjutkan. Diketahui bangunan pendukung Duiker atau gorong- gorong di dusun 1 dengan anggaran sebesar Rp.21.742.000 yang dicairkan oleh pihak desa pada tanggal 23, Agustus 2019 sampai saat ini belum di kerjakan, sementara pekerjaan pengerasan jalan telford sepanjang kurang lebih 1.200 Meter pengerjaanya harus terhenti akibat dihalangi warga yang berkeberatan.

Baca Juga  WALIKOTA GUNUNGSITOLI BERGEREJA DI BNKP JEMAAT ONOZIKHO

Penulis : H.B.
Editor : A Jueni.

print

Berita Populer

To Top